Search
Close this search box.

11 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

buah
ilustrasi ibu hamil

Nyaringindonesia.com – Saat dalam masa kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk memastikan asupan nutrisinya mencukupi. Salah satu cara yang baik adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang bergizi. Buah-buahan tidak hanya baik untuk janin, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah seperti sembelit dan gejala umum selama kehamilan. Berikut adalah sebelas buah yang sangat baik untuk ibu hamil:

1. Jeruk

Kaya akan folat (asam folat) yang penting untuk mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Jeruk juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Semangka

Mengandung tinggi air (92%) dan nutrisi seperti potasium, seng, dan folat. Potasium dapat membantu mengatasi kram kaki dan mendukung perkembangan tulang belakang bayi.

3. Ceri

Mengandung vitamin C dan melatonin, yang membantu mengatur tidur ibu dan perkembangan otak bayi. Ceri juga rendah kalori.

4. Alpukat

Kaya akan folat, vitamin C, vitamin B, vitamin K, kalsium, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Kalium dapat meredakan kram kaki, sementara kolin penting untuk perkembangan otot dan saraf bayi.

5. Pisang

Kaya akan kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Pisang membantu mengatasi sembelit dan meredakan mual dan muntah awal kehamilan.

6. Buah

Beri Seperti blueberry, raspberry, stroberi, dan goji berry mengandung karbohidrat, vitamin C, serat, dan fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin. Karbohidrat memberikan energi penting selama kehamilan.

7. Pir

Mengandung kalium, serat, dan folat. Serat membantu mengatasi sembelit, sedangkan kalium baik untuk jantung ibu dan bayi.

8. Delima

Mengandung vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, dan serat. Menyediakan energi, mencegah kekurangan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang.

9. Jambu Biji

Mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat. Membantu otot, pencernaan, dan mengurangi sembelit.

10. Anggur

Mengandung vitamin C, vitamin K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin. Membantu tubuh mengatasi perubahan biologis selama kehamilan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

11. Aprikot

Mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, besi, kalium, beta karoten, fosfor, dan silikon. Nutrisi ini mendukung perkembangan bayi, mencegah anemia, dan memastikan pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Selain buah-buahan ini, ibu hamil juga bisa mengonsumsi berbagai buah lainnya, kecuali yang dilarang oleh tenaga kesehatan. Pastikan buah-buahan dikonsumsi dengan bijak dan seimbang, dan hindari campuran yang berpotensi berbahaya. Selalu lakukan kontrol kehamilan secara teratur dan pertimbangkan nasihat dari dokter atau ahli gizi. Semoga ibu hamil tetap sehat selama kehamilan!

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama