5 Adab Membaca Alqur’an Yang Penting Diketahui

5 Adab Membaca Alqur'an Yang Penting Diketahui
Foto Alquran

NyaringIndonesia.com – Di artikel ini kami akan menghadirkan 5 adab membaca AlQur’an. Adab membaca AlQur’an tersebut merupakan bagian penting untuk diketahui setiap muslim karena membaca AlQur’an merupakan salah satu ibadah.

5 adab membaca AlQur’an tersebut kami sarikan dari postingan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Instagram yang diunggah pada 31 Januari 2022 lalu.

Nah, berikut ini adalah 5 adab membaca Al-Qur’an yang dirangkum dari postingan MUI Pusat tersebut.

1. Memulai membaca Al-Qur’an dengan isti’adzah atau taawudz yang merupakan sebuah doa untuk memohon penjagaan dan perlindungan dari godaan setan.

2. Membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci, duduk dengan sopan dan tenang. Ketika membaca AlQur’an seorang Muslim dianjurkan dalam keadaan suci dari najis, baik itu badan, pakaian, maupun tempat membaca Al-Qur’an.

BACA JUGA:  Penentuan Waktu Salat Menurut Ilmu Falak

foto 

3. Membaca Al-Qur’an dengan tartil (pelan) dan tidak terburu-buru, agar dapat menghayati setiap ayat yang dibaca.

4. Membaca Al-Qur’an dengan khusyuk, dengan menangis karena sentuhan pengaruh ayat yang dibaca sehingga dapat menyentuh jiwa dan perasaan, serta membaguskan suara ketika membaca Al-Qur’an.

5. Membaca Al-Qur’an dengan tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah, seperti contohnya tidak mengganggu yang sedang salat, serta tidak membacanya dengan suara yang terlalu keras atau di tempat yang banyak orang. Bacalah Al-Qur’an dengan suara yang lirih dan khusyu’.

Demikianlah tadi 5 adab membaca Al-Qur’an menurut MUI Pusat yang wajib diketahui setiap muslim. Semoga bermanfaat!

BERITA TERBARU