Aksi Begal Bikin Warga Bengkalis Was-was Keluar Rumah

begal
Viral aksi begal bikin resah warga Kabupaten Bengkalis. (foto, illustrasi)

BENGKALIS, NyaringIndonesia.com – Setelah viral ada pelaku begal berkeliaran di Kabupaten Bengkalis, masyarakat kini menjadi was-was ketka hendak keluar rumahnya masing-masing.

Menanggapi kabar tersebut, Dosen Prodi Hukum Ekononi Syari’ah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syari’ah Bengkalis, Ahmad Shirotol, SH.,MH mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat akan melakukan aktifitas di luar rumah.

“Saya merasa miris dengan keadaan hari ini karena memang selama ini belum pernah terdengar kabar mengenai pembegalan di kabupaten Bengkalis,” ujar Ahmad. Kamis (13/10/2022).

Guna menghindari kejadian serupa, Ahmad mengimbau terutama kaum ibu agar tidak menggunakan perhiasan berlebihan ketika di luar rumah.

“Juga tidak menggunakan telpon genggap sambil mengendarai kendaraan bermotor, hal tersebut dapat memancing terjadinya perampasan atau pembegalan di sekitar kita,” tandasnya.

BACA JUGA:  Polisi Bantah Meninggalnya Tri Fajar Firmansyah Berkaitan dengan Kericuhan Antar Supporter

Selain itu, dia berharap aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas). Masyarakat yang menjadi korban pembegalan agar segera melapor kepada pihak kepolisian.

“Saya meminta aparat menindaklanjuti kasus tersebut, sampai pelakunya dapat ditangkap sesegera mungkin untuk mendapat ganjaran setimpal sebagaimana telah diatur dalam pasal 368 KUHP yaitu pidana penjara paling lama 9 tahun penjara,” terangnya. (tengku)

 

BERITA TERBARU