Awas!Bahaya Ultraviolet yang Makin Menggila

Lapisan ozon
Illustrasi lapisan ozon (foto, pixabay)
NyaringIndonesia.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa cuaca panas disebagian wilayah Indonesia terus menggila.

Bersumber dari laman BMKG Global Atmosphere Bumi, sekitar 11-50 km di atas Bumi. Lapisan ozon tercipta oleh sinar ultraviolet yang mengenai molekul oksigen (O2l dan membelah atomnya menjadi atom oksigen individu atau atomik, dan siklus terus berlanjut.

Atomik tersebut bergabung dengan O2 lainnya dan menghasilkan ozon (O3) yang terdiri dari 3 atom oksigen.

Menurut laman Perpustakaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), lapisan ozon dapat berlubang ketika salah satu molekul ozon (O3) yang melindungi Bumi rusak. Rusaknya O3 disebabkan oleh bahan kimia yang mengandung klorin atau bromin dan membuat O3 terurai. Bahan kimia itu adalah chlorofluorocarbon (CFC) yang banyak terdapat pada alat pendingin yang diciptakan manusia seperti kulkas dan AC, bahan busa, aerosol, dan sebagainya.

Sebaiknya,  bagi mereka yang waktunya banyak diluar ruangan sebaiknya  menggunakan pakaian tertutup agar terhindar dari bahaya sinar matahari.

Diketahui, setiap pukul 09.00 Wilayah timur terpantau berstatus ‘extreme’ atau sangat bahaya.

Sementara di wilayah tengah hingga barat baru mulai intens terkena ultraviolet.

Puncak sinar ultraviolet akan terjadi cukup lama dari pukul 10.00 hingga 13.00. Secara bergantian, wilayah Indoensia bagian tengah, barat, dan timur, akan kebagian paparan sinar ultraviolet dengan status ekstrem.

Menurut pemaparan BMKG, jika berada di luar ruangan tanpa perlindungan, sinar ultraviolet ekstrem akan mengakibatkan kerusakan kulit dan mata.

Kulit bisa terbakar dalam hitungan menit. Untuk itu, sebaiknya terus berada di dalam ruangan jika tak mendesak harus ke luar.

Sinar UV akan kembali normal pada pukul 16.00 WIB hingga malam hari. ***

Editor : NI 1

# # # # #

Berita Utama