Bakesbangpol Kota Cimahi Gelar Kegiatan Pembinaan dan Jambore Ormas Tahun 2022

Bakesbangpol Kota Cimahi Gelar Kegiatan Pembinaan dan Jambore Ormas Tahun 2022

Kab.Bandung – nyaringindonesia.com
Morning session day 1 Gelombang ke-2, giat acara dengan tema ‘Kita Perkuat Kebersamaan dan Persaudaraan Untuk Kota Cimahi Lebih Maju’, diawali opening-speech Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cimahi Mardi Santoso, S.Sos. dihadapan 96 orang peserta dari 37 LSM dan Ormas di The Cabin Camping Ground Situ Cileunca Pangalengan, Kab. Bandung, (6/7/2022).

Pemateri I Ustad Komarudin Chalil dalam ceramahnya sampaikan, meyakini jika kita silaturahmi yang hadir lebih dari 40 orang akan dijabahnya doa kita dan dari dalam hati yang paling dalam saya berdoa siapapun yang hadir di acara ini disehatkan lahir batin, dimudahkan segala urusannya, dilapangkan rizkinya, dibahagiakan rumah tangganya dan disholehkan anak-anaknya serta dikabulkan segala doanya.
“Hidup ini sederhana, Allah tidak akan merubah hidup seseorang kalau orang itu tidak merubah diri lebih dulu. Kalau di luar pengen dirubah, di dalam dulu kita rubah yang di sana berubah kalau di sini berubah,” terangnya.

BACA JUGA:  Setiap Ramadhan, Konsumsi Listrik Rumah Tangga di Wilayah Cimahi Biasanya Naik

Lanjutnya, apa yang kita rubah dalam mewujudkan impian jadi kenyataan, pertama ucapan dan fikiran kita itu yang menjadi poin pertama.

“Petinju Legend Muhammad Ali terkenal dengan mulut besar, sebelum pertandingan dia sudah menang dalam fikirannya dengan kata-kata yang memojokkan musuhnya,” tegasnya.

Pemateri anggota DPD RI Dapil. Jawa Barat, Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes. mengatakan sebenarnya apa yang disampaikan oleh Ustad Komarudin Chalil tadi sudah cukup karena intinya kalo sila pertama dari Pancasila sudah bagus kemudian seterusnya pasti semuanya menjadi bagus.

“Apa yang disampaikan oleh Ustad tadi harus menjadi modal dasar bagi kita, dan ditambah dengan konstitusi dasar berbangsa bernegara yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” terang peraih Indonesian Most Initiator HIPMI 2013 ini.

Pilar pertama, kata Eni, adalah Pancasila dasar negara atau falsafah hidup bangsa Indonesia dan yang paling pokok orang yang mengaku orang Indonesia itu harus faham Pancasila.

BACA JUGA:  MPP Telah Resmi Dibuka

“Bukan hanya faham Pancasila, akan tetapi implementasinya dalam kehidupan sehari-hari itu jauh yang lebih penting,” imbuhnya.

Selanjutnya Ketua Forum LSM/Ormas Kota Cimahi, H. Nurdin Hidayat menyampaikan perbedaan itu indah, juga walaupun kita berbeda pendapat dengan Tabayun untuk kebersamaan kita dalam kekuatan kita demi kemajuan Kota Cimahi.

“Untuk itu dalam forum ini, jika kita menghadapi masalah besar harusnya kita kecilkan dan untuk masalah kecil kita hilangkan,” terangnya.

Didampingi Letkol. Ari Widianto Wadan Pusdikpom, Plt. Wali Kota Cimahi Letkol.Inf. (Purn) Ngatiyana dalam sambutannya mengatakan merasa bangga dan senang sekali dapat bertatap muka dengan teman teman Ormas/LSM Kota Cimahi.

“Dalam silaturahmi hari ini, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu yang selama ini telah membantu kami Pemerintah Kota Cimahi, dalam bagaimana membangun Kota Cimahi ini menjadi lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.

BACA JUGA:  Usai dilantik, Ini Program Afkot Cimahi

Lanjutnya, Ormas dan LSM adalah mitra dari pemerintah dan kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.
“Ingat, Cimahi adalah milik kita bersama dan tentunya dijaga oleh Ormas dan LSM maupun masyarakat Kota Cimahi khususnya yang ada di depan saya sekarang ini,” tegasnya.

Closing statement day 2, Kepala Bakesbangpol Kota Cimahi, Mardi Santoso, S.Sos. menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya dan mengucapkan terimakasih atas berkenan hadirnya teman-teman dari LSM/Ormas Kota Cimahi pada kegiatan Pembinaan dan Jambore Ormas ini.

“Salah satu tupoksi Bakesbangpol adalah bagaimana memberikan pembinaan kepada Ormas yang ada.
Kami mohon maaf karena kami menyadari atas keterbatasan kemampuan yang ada pada kami, hal yang lumrah dan wajar jika ada perbedaan pendapat dan pemikiran tapi satu yang terpenting adalah bagaimana kita sikapi perbedaan pemikiran itu.

Lanjutnya, secara lumrah juga Kuta diciptakan berbeda tapi jadikan perbedaan itu kekuatan kita bersama sama untuk maju.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau bagi Ormas yang belum mencatatkan ke Bakesbangpol, agar segera¬† mendaftarkan Organisasinya,” pungkasnya.(Prabu)

BERITA TERBARU