Banjir di Bengkalis Jadi Sorotan Bupati, Pemerintah Pusat Harapkan Bisa Bantu

Bengkalis
Banjir di Bengkalis jadi soroton Bupati dan wakilnnya
BENGKALIS, NyaringIndonesia.com – Update penanganan darurat banjir, Bupati Bengkalis Kasmarni dan wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso terus memberikan perhatian khusus atas bencana banjir dikecamatan siak kecil.

Arahan bupati agar semua Perangkat daerah bersinergi membantu penanganan banjir dan meringankan beban masyarakat terdampak banjir, PUPR diminta untuk memaksimalkan membantu memobilisasi alat berat gunan penanganan darurat untuk membersihkan sungai agar terjadi percepatan penurunan debit air

Sungai siak kecil memiliki panjang 90 KM, dari sepanjang itu 70 KM terjadi penyempitan dan pendangkalan yang luar biasa, dengan lebar sungai lebih 100 Meter tapi habis tertutup oleh tumbuhan sisa jalan sungai tidak lebih tinggal 10-20 meter, bahkan ada sungai yang sudah tertutup sama sekali tidak bisa dilewati sama sekali, jadi sangat wajar apabila terjadi banjir air didaratan tidak bisa secara cepat kering karena kapasitas dan daya tampung sungai tidak mampu mengalirkan air secara cepat akibat pedangkalan dan penyempitan.

Semoga pemerintah pusat bisa membantu pemerintah kabupaten bengkalis menurunkan sebanyak-banyaknya alat berat dengan kapasitas besar karena ini merupakan kewenangan BWS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dan pemerintah kabupaten bengkalis dengan keterbatasan alat tidak mampu menuntaskan normalisasi sungai yang ada dikecamatan siak kecil secara cepat, butuh sinergi dan kolaborasi.

Dalam menghadapi darurat banjir di Kecamatan Siak Kecil, Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso terus memberikan perhatian khusus.

Bupati memberikan arahan kepada seluruh perangkat daerah untuk bersinergi dalam membantu penanganan banjir dan meringankan beban masyarakat terdampak. PUPR diminta untuk memaksimalkan bantuan dalam memobilisasi alat berat guna penanganan darurat, terutama untuk membersihkan sungai guna mempercepat penurunan debit air.
Sungai Siak Kecil, dengan panjang 90 KM, mengalami penyempitan dan pendangkalan signifikan sepanjang 70 KM.

Lebar sungai yang seharusnya lebih dari 100 Meter kini tersumbat oleh tumbuhan, menyisakan jalur sungai hanya 10-20 Meter. Beberapa sungai bahkan sudah sepenuhnya tertutup, menyulitkan aliran air dan menyebabkan banjir daratan yang sulit kering karena kapasitas dan daya tampung sungai yang terbatas.

Diharapkan pemerintah pusat dapat membantu Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan menurunkan sebanyak mungkin alat berat berkapasitas besar. Normalisasi sungai di Kecamatan Siak Kecil membutuhkan sinergi dan kolaborasi antara BWS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI serta Pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengingat keterbatasan alat yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Editor : Fauzi Eka Suryana

# # # #

Berita Utama

Scroll to Top