Berikan Bantuan Pendidikan, Pemkab Meranti MoU dengan UPI dan UNP

PADANG, NyaringIndonesia.com – Guna mewujudkan Program Meranti Cerdas lewat bantuan pendidikan bagi anak daerah, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali menandatangani kerja sama dengan dua kampus di Kota Padang, Sumatera Barat. Yakni, Universitas Putera Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Pertemuan yang berlangsung di gedung rektorat dua kampus tersebut dilakukan, Jumat (6/1/2022). Rombongan dipimpin oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM dan disambut langsung oleh Rektor UPI Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom, M.Sc dan juga Rektor UNP Prof. Genetri, Ph.D.

Rektor UPI Prof. Sarjon mengharapkan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati tersebut dapat segera terlaksana. Dengan begitu, pihaknya bisa membantu Pemkab Meranti dalam membentuk sumber daya manusia yang cerdas dan unggul sesuai cita-cita Bupati H. M Adil.

“Dengan enam fakultas yang ada di UPI pada program S1, S2 dan S3, kami siap membantu mewujudkan cita-cita mulia Bupati dalam menciptakan SDM Kabupaten Kepulauan Meranti yang unggul,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UNP Prof. Genetri. Dia menjelaskan bahwa kampus yang ia pimpin memiliki 9 fakultas yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa dari Kepulauan Meranti untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Lebih lanjut Genetri mengharapkan kerja sama tersebut tidak hanya sebatas bantuan pendidikan, tapi dapat juga berupa pengabdian masyarakat dan riset dari UNP untuk kemajuan Kepulauan Meranti kedepannya.

“Kita berharap momen ini menjadi salah satu upaya yang menguntungkan dua belah pihak. Baik UNP maupun Masyarakat Kepulauan Meranti,” harapnya.

Bupati H. Muhammad Adil, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada dua kampus besar di Sumatera Barat tersebut. Dia mengaku, Pemkab Meranti sangat membutuhkan bantuan dari perguruan tinggi untuk memberikan dukungan secara akademis guna membentuk SDM anak-anak daerah yang cerdas.

“Visi kami menjadikan Meranti maju, cerdas dan bermartabat. Salah satu strateginya dengan memberikan bantuan pendidikan bagi 5000 sarjana, 500 master dan 50 doktor,” kata Bupati.

Dia juga menyambut baik dukungan yang diberikan oleh UPI dan UNP yang tidak sebatas bantuan pendidikan saja, tapi juga mengarah pada riset dan pengabdian masyarakat.

“Kami memiliki sumber daya alam yang cukup besar potensinya namun belum bisa terkelola dengan baik. Oleh karena itu kami mengharapkan dukungan pemikiran agar sumber daya itu bisa tepat guna dan memberikan kontribusi bagi daerah,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2022 hingga tahun awal Januari 2023 ini, Pemkab Meranti telah melakukan kerja sama dengan 32 kampus atau perguruan tinggi. Baik di Pulau Sumatra maupun Pulau Jawa. (Prokopim)

Berita Utama

Scroll to Top