Bupati Kasmarni Minta Kerjasama Semua Komponen Wujudkan Pemilu Damai

Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan memimpin Apel Sinergitas dalam rangka Pengamanan dan Cooling System Pemilu 2024, di Halaman Kantor Bupati Bengkalis. Senin, 8 Januari 2024.

BENGKALIS NyarimgIndonesia.com – Pada Senin, 8 Januari 2024, Bupati Bengkalis, Kasmarni, bersama Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan, memimpin Apel Sinergitas dalam rangka Pengamanan dan Cooling System Pemilu 2024 di Halaman Kantor Bupati Bengkalis.

Apel ini dihadiri oleh ASN, TNI, Polri, KPU, Bawaslu, lembaga, organisasi masyarakat, dan organisasi kepemudaan di Kabupaten Bengkalis. Wakil Bupati Bengkalis, Forkopimda, Sekretaris Daerah, serta Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Bengkalis turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam amanatnya, Bupati Kasmarni menekankan pentingnya kerjasama semua komponen untuk mewujudkan pemilu yang damai, bermarwah, bermartabat, dan berintegritas di negeri ini. Ia mengingatkan bahwa sebagai bagian dari komponen bangsa, baik sebagai PNS, TNI, Polri, lembaga, ormas, dan OKP, semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang suku, agama, ras, dan antar golongan.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk meminimalisir isu-isu provokatif. Dengan harapan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga serta pemilu damai dapat terwujud,” ujar Kasmarni.

Bupati juga mengajak tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh wanita untuk mendukung upaya membangun rasa aman, nyaman, dan tenang di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024, sambil mengingatkan agar tidak menggunakan politik identitas seperti suku, agama, ras, dan antar golongan, karena hal tersebut dapat berujung pada disintegrasi.

Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, menjelaskan bahwa apel ini dilaksanakan di seluruh jajaran Polda untuk persiapan pengamanan Pemilu 2024 dan menciptakan Cooling System kepada masyarakat demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Suskses atau tidaknya Pemilu 2024 tergantung pada kita semua, karena semua pihak memiliki peran baik langsung maupun tidak langsung. Dalam kesempatan ini saya ingin menekankan beberapa hal kepada seluruh jajaran, pertama pahamilah bahwa tugas kita adalah kehormatan dan harus dijalankan tulus ikhlas, kedua perkuat sinergisitas untuk kelancaran tugas, segera cari, temukan potensi kerawanan agar tidak berkembang, serta tindak tegas pihak yang mengancam pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Arh Irvan menambahkan bahwa ia bersama jajarannya telah siap dan berkomitmen untuk menjaga suasana yang kondusif. Ia juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI untuk menjaga netralitas dalam proses demokrasi, karena netralitas merupakan prinsip penting dalam menjaga stabilitas dan kredibilitas institusi militer.

Berita Utama

Scroll to Top