Search
Close this search box.

Cahaya Muharram: Perayaan Tahun Baru Islam di Kota Cimahi

Tahun Baru Islam
Pawai Cahaya Saat menyambut pergantian Tahun Baru Islam di Alun-alun Cimahi

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Dalam menyambut pergantian tahun baru Islam 1446 Hijriyah pada tahun 2024 Masehi, warga Kota Cimahi berkumpul di Alun-alun Kota Cimahi dengan membawa obor sebagai sarana dalam Pawai Cahaya.

Pada acara tersebut, Kelurahan Melong berhasil meraih penghargaan sebagai juara ketiga dalam Pawai Cahaya.

Lurah Melong, Dian Rohimat, menekankan bahwa selain sebagai hari raya, momen ini penting bagi umat Islam untuk merenungkan dosa-dosa masa lalu dan melakukan muhasabah diri. Mereka dengan penuh sukacita menyambut hari baru bagi umat Islam.

“Pergantian tahun baru Hijriyah menjadi tonggak peradaban bagi umat Islam, mengingat sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah,” kata Dian pada Sabtu (06/07/24) di Alun-alun Kota Cimahi.

KH. Fahmi Fauzi, Pimpinan Pesantren Darul Hamid, menyatakan kebanggaannya atas partisipasi santri dalam Pawai Cahaya. Dia menilai bahwa kegiatan ini juga sebagai pembelajaran tentang peristiwa bersejarah dalam bulan Muharram.

“Bulan Muharram ini sarat dengan peristiwa penting dalam sejarah keislaman, seperti bertaubatnya Nabi Adam AS, berlabuhnya bahtera Nabi Nuh AS, dan peristiwa-peristiwa lain yang mengandung nilai-nilai keimanan dan ketakwaan,” ujar KH. Fahmi Fauzi.

Para santri, merayakan pergantian tahun baru Islam 1446 Hijriyah, berdoa bersama agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Mereka ikut serta dalam Pawai Cahaya sambil melantunkan sholawat, dengan harapan agar tahun baru ini membawa berkah dan keberkahan.

“Saya berharap agar di bulan Muharram ini, iman dan taqwa santri semakin meningkat, dan mereka senantiasa mendapat bimbingan serta keselamatan dari Allah SWT,” tutup KH. Fahmi Fauzi.

Berita Utama