Cara Mudah Share Link Google Drive

Cara
Cara Mudah Share Link Google Drive

NyaringIndonesia.com – Google Drive merupakan salah satu fitur unggulan dari Google. Biasanya aplikasi ini banyak dipakai dan bermanfaat bagi pengguna android.

Cara share link Google Drive Android sangat bermanfaat untuk Anda para pengguna internet.

Penggunaan Google Drive sebenarnya sudah sangat umum. Layanan milik Google ini hadir untuk berbagai macam platform, mulai dari PC hingga Android.

Banyak orang yang memanfaatkan kehadiran Google Drive untuk media penyimpanan. Dengan kata lain, Google Drive dapat berperan sebagai memori non fisik yang dapat membantu Anda menyimpan berbagai macam file.

Cara Share Link Google Drive Android dengan Cepat

Anda mungkin sudah mengetahui layanan Google Drive. Layanan ini Google hadirkan untuk membantu para penggunanya dalam menyimpan data secara online.

Keberadaan Google Drive ini tentunya sangat membantu untuk para penggunanya yang memiliki keterbatasan memori internal. Selain itu, Google Drive juga memiliki keunggulan daripada memori online yang serupa.

Google Drive lebih memudahkan penggunanya dalam berbagi data. Untuk dapat berbagi data secara online, maka Anda hanya perlu membagikan link atau tautan Google Drive.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan File Yang Telah Terhapus

Cara inilah yang membuat Google Drive banyak penggunanya, terutama perusahaan atau instansi yang mengharuskan para karyawannya saling berbagi data dalam.

Membagikan Link Google Drive dengan Copy Link

 

Sebenarnya cara share link Google Drive Android sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menggunakan fitur Copy Link atau Salin Link saja.

Namun, sebelum membagikan link, Anda harus mengetahui jenis-jenis hak izin yang ada di dalam Google Drive. Hak izin tersebut mencakup:

Restricted, artinya hanya orang yang Anda tambahkan ke dalam folder yang dapat membuka link.

Viewer, orang hanya dapat melihat file tersebut tanpa bisa mengubahnya.

Commenter, orang dapat berkomentar di dalam file.

Editor, orang tersebut dapat mengatur, menambahkan, dan juga mengedit file tersebut.

Anda harus mengetahui hak izin tersebut untuk diterapkan di dalam Google Drive. Setelah menentukan jenis izinnya, maka Anda bisa langsung menyalin link dengan cara berikut.

Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Google Drive di Android. Jika belum, maka sebaiknya segera download di Play Store.

Jika sudah ada, maka langsung saja buka aplikasi Google Drive.

BACA JUGA:  Literasi Digital Masyarakat Sangat Penting

Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengizinkan aplikasi Google Drive untuk mengakses file data kontak di dalam HP Android dengan memilih menu ‘Allow’.

Setelah itu, cari folder atau file di dalam Google Drive yang ingin Anda bagikan linknya.

Setelah ketemu, klik titik tiga pada menu di samping folder atau file tersebut.

Berikutnya klik pilihan ‘Share’ pada menu yang muncul.

Di sinilah Anda dapat menambahkan beberapa orang atau grup yang dapat mengakses file Google Drive pada bagian ‘Add people or groups’.

Selanjutnya pilih menu ‘Who has access’.

Apabila berhasil, maka klik pilihan ‘Only people added can open this link’.

Pada bagian ini akan terdapat 4 jenis pilihan hak izin Google Drive yang dijelaskan di atas.

Anda bisa memilih jenis hak izin akses tersebut dan setelahnya lakukan cara share link Google Drive Android dengan klik pilihan ‘Copy Link’.

Jika sudah, maka Anda bisa membagikan link yang sudah tersalin tersebut ke grup WhatsApp, Telegram, Link, Facebook, atau bahkan platform media sosial lainnya.

BACA JUGA:  Manfaat Minyak Biji Labu

Kapasitas Memori Google Drive

Menggunakan Google Drive memang sangat membantu dalam berbagai pekerjaan. Sebab, Anda dapat menyimpan apa saja di dalamnya dan membagikan ke orang lain dengan mudah.

Namun, tentu saja Google Drive juga memiliki kapasitas memori tersendiri. Secara default, layanan ini menawarkan kapasitas memori sebesar 15 GB untuk setiap pengguna akun Gmail.

Kapasitas tersebut tentunya sangat luas. Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan file atau data yang besar untuk.

Lebih dari itu, cara share link Google Drive Android yang jauh lebih mudah juga menjadi nilai tambah untul layanan Google satu ini.

Ketika ruang penyimpanan Google Drive penuh, maka tidak perlu khawatir karena anda dapat menambah kapasitasnya. Namun, tentu saja ini tidak gratis. Untuk dapat melakukan ini Anda perlu berlangganan setiap bulannya.

Meski demikian, berlangganan layanan ini juga tidak akan merugi karena memiliki banyak keunggulan. Anda jadi bisa melakukan cara share link Google Drive Android dengan file yang berkapasitas lebih besar. (harapanrakyat)

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur