Cara Unik Sejumlah Negara Menyambut Tahun Baru

NyaringIndonesia.com – Umumnya setiap perayaan tahun baru kerap di ramaikaan dengan pesta kembang api,  tiupan terompet atau konser music. Sepertinya hal tersebut merupakan hal biasa karena terlalu banyak orang melakukannya.

Tapi mungkin kamu ada yang belum mengetahui kalau disejumlah negara berikut, memiliki tradisi unik cara merayakan pergantian tahun. Seperti diantaranya,

Jepang

Orang-orang Jepang merayakan tahun baru dengan cara menikmati tiga jenis makanan, seperti jenis makanan kaleng telur ikan segar. Mereka menganggap makanan tersebut sebagai lambang dari kemakmuran. Sementara Tatsukuri atau ikan sardine asap yang melambangkan tanah yang subur, dan manisan rumput laut yang menjadi lambang perayaan. Makanan-makanan ini dipercaya sebagai lambang dari harapan orang Jepang untuk kehidupan yang lebih baik di tahun mendatang.

BACA JUGA:  G20 Bali Arah Baru Untuk Indonesia

Korea

Masih soal makanan, di neegeri Ginseng Korea juga memiliki tradisi tahun baru yang unik. Yakni dengan  menyantap Thuck-Gook atau kaldu daging sapi yang berisi telur dadar dan kerupuk beras, mereka percaya bahwa umur mereka tidak akan bertambah pada tahun itu, alias berharap awet muda selalu.

Spanyol

Tidak mau kalah dengan Jepang dan Korea, Spanyol juga memiliki tradisi tahun baru yang berhubungan dengan makanan loh. Tepat tengah malam di tanggal 31 Desember menuju 1 Januari, orang-orang Spanyol memakan anggur berjumlah 12 butir. Anggur 12 butir mengartikan tentang harapan mereka untuk 12 bulan baru ditahun mendatang yang akan dipenuhi oleh kemakmuran dan kebahagiaan.

BACA JUGA:  Kemenkes RI Keluarkan SE Waspadai “Chiki Ngebul”

Finlandia

Keluar dari soal makanan, di Finlandia ada suatu tradisi unik dalam rangka menyambut tahun baru. Untuk memprediksi apa yang akan terjadi di tahun berikutnya, biasanya warga Finlandia melelehkan sebuah lempengan timah dalam sebuah baskom air. Bentuk timah ini nantinya akan menunjukkan apa yang akan terjadi di tahun depan. Bentuk hati atau cincin melambangkan perkawinan, bentuk kapal berarti perjalanan dan bentuk babi mengartikan akan banyak rejeki berupa makanan di tahun baru mendatang.

Meksiko

Meksiko memiliki cara yang cukup unik dalam melihat keberuntungan di tahun mendatang. Berbicara pada roh-roh merupakan kepercayaan yang melekat erat pada penduduk Meksiko, dan malam tahun baru diyakini sebagai saat paling tepat untuk berkomunikasi dengan roh-roh orang yang sudah meninggal sebagai cara mendapat pesan tertentu, atau petunjuk akan masa depan.

BACA JUGA:  Ceko Akan Ikuti Langkah Jerman Legalkan Ganja

Chile

Masih berbau misteri, Warga Talca di Chile merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Karena itu, setiap jam 23.00 Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca. Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu yang temaram sebagai pelengkap acara. Dengan tradisi ini, warga Talca percaya bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

 

 

 

BERITA TERBARU