Damai dalam Keberagaman Kampung Katolik di Tengah Mayoritas Islam

kampung
Ilustrasi Kampung islam Di Ponorogo Jawa Timur
Nyaringindonesia.com – Sebuah kampung yang indah di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menjadi saksi bagi kehidupan harmonis warga yang hidup dalam keberagaman agama. Meskipun mayoritas warga memeluk agama Islam, satu keluarga di kampung tersebut memeluk agama Katolik, dan mereka telah menjadi bagian dari kampung tersebut selama beberapa generasi.

Desa ini terletak di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, dengan pemandangan alam yang memukau, termasuk Gunung Kapur di selatan dan Bukit Watu Gong yang menjadi daya tarik utama. Warga desa ini, sebagian besar petani, hidup berdampingan dalam damai dan saling menghormati, meskipun memiliki keyakinan agama yang berbeda.

Keluarga minoritas yang memeluk agama Katolik, yang dipimpin oleh Yudas, telah tinggal di desa ini sejak lama. Ketika mereka ingin beribadah, mereka harus pergi ke pusat kota Ponorogo karena hanya ada satu kepala keluarga yang memeluk agama Katolik di desa tersebut dan tidak didirikan gereja di desa tersebut.

Namun, keberagaman ini tidak menghambat hubungan antarwarga desa. Mereka saling berkunjung dan merayakan hari besar agama dengan saling menghormati dan toleransi. Ini adalah contoh nyata bagaimana keberagaman agama dapat menjadi sumber kedamaian dan harmoni dalam kehidupan masyarakat desa di Indonesia.

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama