Desa Damai dan Bantan Timur Jadi Percontohan DRPPA

BENGKALIS, NyaringIndonesia.com – Desa Damai, Kecamatan Bengkalis dan Bantan Timur, Kecamatan Bantan, menjadi percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA), untuk Kabupaten Bengkalis.

Atas prestasi sebagai percontohan desa ramah perempuan dan peduli anak tingkat Provinsi Riau, yang telah dicanangkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, di Kabupaten Indragiri Hulu, pada 10 November 2022 lalu, Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan terima kasih dan tahniah.

Ungkapan itu disampaikan Bupati ketika memberikan pengarahan dan sekaligus membuka launching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, di Halaman Desa Damai, Kecamatan Bengkalis, Selasa, 27 Desember 2022.

“Kita berharap, prestasi ini dapat terus dipertahankan serta harus lebih ditingkatkan. Karena di tingkat Provinsi Riau Desa Damai dan Desa Bantan Timur telah menjadi percontohan, tentunya di tingkat Kabupaten Bengkalis dua desa ini harus menjadi rujukan bagi desa-desa lainnya. untuk itu, kami minta kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bangun sinergi dengan dinas serta pihak terkait lainnya, agar seluruh desa dikabupaten bengkalis, benar-benar dibina guna memenuhi 10 indikator DRPPA,” ujar Bupati Kasmarni.

BACA JUGA:  Bupati Minta Kepsek Fokus Cerdaskan Para Siswa

Bupati juga menyebabkan program DPRPA ini tentunya sejalan pula dengan salah satu dari delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, yakni “perempuan berdaya, keluarga sejahtera”.

“Program ini, azam kami bukan saja sebatas menjadikan kaum perempuan di daerah ini sebagai perempuan yang hebat di belakang pria yang kuat, akan tetapi lebih dari itu, kami ingin perempuan yang ada di daerah ini mampu menjadi motivator, akselator serta agen perubahan yang inspirasitif dan berkontribusi aktif dalam mempercepat kemajuan desa dan daerah di segala bidang, tidak terkecuali untuk mengakselerasi Kabupaten Bengkalis menjadi daerah yang ramah perempuan,” jelasnya.

Begitu juga halnya dalam program peduli anak, Bupati meminta mulai dari desa, untuk kuatkan komitmen dalam memberikan rasa aman serta pemenuhan hak-hak anak dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis, agar berkurangnya kasus kekerasan terhadap anak, serta meningkatnya kualitas layanan perlindungan khusus kepada anak.

BACA JUGA:  Komitmen Bengkalis Pada Kesehatan Diganjar Penghargaan

“Karena kita ingin, agar anak-anak yang ada di daerah ini, terlindungi serta dapat hidup sehat, cerdas, ceria dan berkarakter,” tutup Bupati.

Dikesempatan itu, Bupati Kasmarni juga turut menyaksikan penandatanganan komitmen bersama dukungan pelaksanaan DRPPA, yang dilakukan Kepala Desa Damai, Bantan Timur, Camat Bengkalis dan Bantan, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, H Raja Airlangga, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, H Ismail, sejumlah anggota Forkopimda, Kakan Kemenag Bengkalis, H Khaidir, Kepala Desa Damai, Rosmali, Kepala Desa Bantan Timur, Sani, Camat Bengkalis, Ade Suwirma, Camat Bantan, Muthu Saily, sejumlah kepala Perangkat Daerah dan tamu undangan lainnya.

BERITA TERBARU