DLH Bengkalis Paparkan Indikator Penilaian Program Adipura

PEKANBARU, NyaringIndonesia.com – Sebagai langkah persiapan dalam menghadapi penilaian Adipura tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup, kumpulkan seluruh Tim Kota Bersih / Program Adipura Kabupaten Bengkalis Tahun 2023, Rabu (07/06/2023) bertempat di Pekanbaru.

 

Rapat persiapan tersebut dipimpin dan dibuka secara langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra TH didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ed Efendi.Pelaksanaan rapat diawali dengan pemaparan indikator penilaian Adipura oleh Kadis LH Kabupaten Bengkalis. Dalam pemaparannya Ed Efendi berharap agar masing masing perangkat daerah bisa memahami serta memenuhi seluruh indikator penilaian agar nilai ideal dari setiap indikator dapat terpenuhi.

 

Sementara itu Sekda Bengkalis dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa dalam waktu tidak berapa lagi tim verifikasi adipura 2023 akan menyambangi Kabupaten Bengkalis. Sekda Bengkalis, mengatakan, sesuai jadwal dan informasi, tim verifikasi Adipura 2023 akan menyambangi Kabupaten Bengkalis diakhir Juni atau paling lama awal Juli mendatang.

 

Ersan juga menyebutkan, penilaian Adipura merupakan tanggung jawab multisektoral yang tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah dan DLH saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab instansi terkait, komunitas hingga masyarakat.

 

“Makanya kita berkumpul hari ini, agar kita dapat menyamakan persepsi kemudian melakukan gerakan sesuai indikator yang akan dinilai kedepannya,” jelasnyaAlhamdulillah nilai kita tahun 2022 walaupun belum terpenuhi sesuai nilai ideal, namun sudah mendekati, dan saya berharap seluruh Perangkat Daerah segera bergerak cepat agar nilai kita dapat terpenuhi bahkan melebihi nilai ideal dari setiap indikator yang telah ditetapkan.

 

Oleh karenanya, pihaknya Plt. Sekda mengajak semua pihak untuk bekerja sama agar penilaian Adipura dapat berjalan lancar, sehingga mampu mempertahankan status Adipura yang pernah kita raih sebelum ini.

 

“Mulai besok gerakan menghadapi penilaian ini bisa disegerakan, mulai dari lingkungan perkantoran, kemudian ke lokus lainnya sesuai indikator dan sesuai dengan tupoksi masing-masing Perangkat Daerah,” jelasnya.

 

Diakhir arahannya dr. Ersan minta dua minggu kedepan masing masing PD menyampaikan report progresnya ke Ibu Bupati dan direkapitulasi oleh DLH. Agar jika ada kekurangan yang belum terpenuhi dapat segera kita penuhi. KuHadir dalam rapat tersebut Kadis Pendidikan Hadi Prasetyo, Kadis Perhubungan Agus Sofyan, Kadis Daprin Zulfan, Kasatpol PP Hengky Irawan, Kadis Persip Suwarto, Kadis Perkimtan Supardi, Kadis PUPR Ardiansyah.

 

Hadir juga Kabag Hukum Setda Fendro, Kabag Persidangan Setwan Khairunnazri, Direktur RSUD Bengkalis dr.Azhari, Sekretaris Bappeda Syahruddin dan Camat Bengkalis Taufik Hidayat. (inf)

Berita Utama