DLH Cimahi Tanam Pohon dalam Upaya Restorasi Lahan

CIMAHI, NyaringIndonesia.comРDalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi menggelar aksi penanaman pohon.

Perayaan yang jatuh pada tanggal 5 Juni ini tidak hanya diisi dengan kegiatan menanam pohon, tetapi juga melibatkan serangkaian kegiatan yang berlangsung dari bulan Mei hingga Juli.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kegiatan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Di antaranya adalah pemberian gerobak sampah, yang difasilitasi kepada kelurahan dan RW yang membutuhkan sarana dan prasarana. Dan untuk sementara, fasilitas yang diberikan berupa gerobak sampah.

Chanifah Listyarini menjelaskan bahwa pada hari ini juga dilakukan kegiatan pembuatan unit bank sampah sebagai tindak lanjut dari program Ompimpah.

Seluruh RW saat ini gencar mensosialisasikan terkait bank sampah dan melakukan pembelian teknologi untuk mendukung pengolahan sampah dalam program Ompimpah.

“Inti ke depannya adalah zero ke TPA,” ujar Chanifah kepada wartawan pada Senin (10/06/24) di Cirendeu, Cimahi Selatan.

Ia juga menuturkan bahwa sesuai dengan tema restorasi lahan, dilakukan penanaman pohon di Cirendeu. Daerah ini merupakan bekas timbunan longsor, sehingga kami melakukan penghijauan di sini.

“Ke depannya, akan ada gerakan bersepeda, dan pada tanggal 11 hingga 13 akan ada uji emisi dengan target 1.500 kendaraan roda 4. Sebanyak 116 pohon yang ditanam hari ini terdiri dari pohon buah, tanaman keras seperti ancana, serta beberapa tanaman bambu,” sambungnya.

Tim JAGAWANA ecara periodik akan menjaga area tersebut, meskipun ada keterbatasan dalam melakukan kontrol karena pengawasan harus dilakukan di banyak lokasi lainnya. Oleh karena itu, pihak DLH akan melibatkan masyarakat dalam upaya penjagaannya.

“Dan paling tidak kita harus memelihara aset-aset kita, karena kita menanam di lahan milik Pemkot Cimahi,” tutupnya.

Berita Utama