Garut Targetkan Masuk 10 Besar PORPROV Jabar Tahun 2022

Garut

Nyaringindonesia.comKabupaten Garut menargetkan masuk 10 besar pada perhelatan Pekan Olahraga Raga Provinsi (PORPROV) Jawa Barat XIV Tahun 2022 yang akan dilaksanakan bulan November mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut dr. Helmi Budiman, seusai melaksanakan Rapat Persiapan Panitia Daerah Porprov Jabar, di Aula Kampus 4 Universitas Garut (Uniga), Senin (26/9/2022).

“(Untuk target Kabupaten Garut di Porprov) 10 besar,” katanya, saat diwawancara oleh wartawan.

Ia juga mengungkapkan karena pelaksanaan PORPROV ini digelar di beberapa kabupaten di Jawa Barat termasuk di Kabupaten Garut, maka pihaknya akan membentuk koordinator wilayah (korwil) untuk memudahkan koordinasi di PORPROV nanti.

“Ada juga yang kita bukan sebagai tuan rumah, makanya kita harus kirimkan beberapa tim ke beberapa kabupaten yang ada di Jawa Barat, kita bagi menjadi 5 panitia, 5 pimpinan di wilayah,” ucapnya.

BACA JUGA:  DPD Demokrat Jabar Sepakat Usulkan AHY Maju Pada Pilpres 2024

Helmi memaparkan, meski masih dirasa kurang, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2022, pihaknya sudah mengalokasikan dana sekitar Rp4,4 miliar untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan untuk panitia daerah sekitar Rp2,25 miliar.

“Tapi itu masih kurang kenapa? Karena kita sebenarnya berharap PORPROV itu kan biayanya dari provinsi, karena ini kan di provinsi ini kan arena provinsi, kalau kita kan PORKAB (Pekan Olahraga Kabupaten), nah ini kan PORPROV nah ternyata PORPROV itu hanya menyiapkan untuk honor wasit, itu sama honor, hanya itu berarti kan yang lain diserahkan ke daerah,” ujarnya.

Sementara berkaitan dengan sarana akuatik yang saat ini masih dalam tahap verifikasi oleh pihak Federation Internationale de Natation (FINA), Helmi mengatakan, dirinya yakin bahwa sarana tersebut nantinya akan bisa digunakan ketika PORPROV dihelat di Kabupaten Garut.

BACA JUGA:  Pameran Alutsista Armed TNI Angkatan Darat

“Ya Insyaallah (tepat waktu untuk akuatik) kita terus dorong, kita upayakan, ini yang berat itu tentang akuatik itu adalah karena ada barang-barang yang impor, tapi kemarin saya cek itu lancar, barang-barang impor ini lancar, KONI lancar insya Allah kita tepat waktu,” katanya.

Ketua Umum KONI Garut Abdusy Syakur Amin menuturkan, masuk 10 besar yang ditargetkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Garut, jika dikonversikan dengan medali, maka pihaknya harus meraih 30 medali dari 41 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan.

Ia juga mengatakan jika ada beberapa cabor andalan untuk meraih medali seperti gulat, tarung derajat, hingga silat. Namun, ia berharap dari cabor-cabor yang pelaksanaannya di Kabupaten Garut bisa menyabet medali pada pelaksanaan PORPROV nanti.

BACA JUGA:  Kejagung Bekukan 5 Rekening PT Duta Palma

“Karena kita menyiapkan secara khusus akuatik itu kita juga dapat tambahan medali, cabor yang dulunya jarang menyumbangkan medali kita harap jadi nambah, seperti arung jeram yang mungkin kemarin sedikit kita coba dorong jadi lebih banyak lagi (perolehan medalinya) dan tuan rumah kan punya keunggulan mengenal medan lokasi pertandingan,” ujarnya.(humaspemkab.Garut/UPI)

BERITA TERBARU