Perumahan ARHASS VILLA

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 : 1.321 Personel Gabungan Siaga Amankan Mudik Idul Fitri

Polres Cimahi
Gelar pasukan apel siaga Operasi Ketupat Lodaya 2024 di Mapolres Cimahi, Rabu (3/3/2024).
CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Sebanyak 1.321 personel gabungan melaksanakan gelar pasukan dalam apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 di Mapolres Cimahi, Rabu (3/3/2024).

Kapolres Cimahi, Aldi Subartono menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya persiapan dalam rangka pengamanan mudik pada Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Hari ini dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 yang Alhamdulillah dihadiri oleh Forkompimda, termasuk Wali Kota Cimahi, Pj Bupati Bandung Barat, dan Ketua DPRD,” ungkapnya.

Kegiatan ini melibatkan Polres Cimahi, TNI, dan Forkompimda untuk mengawal masyarakat yang akan mudik tahun ini.

“Langkah-langkah persiapan ini diharapkan dapat menjaga kelancaran arus mudik di wilayah hukum Polres Cimahi dan memastikan keselamatan masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Aldi menyebutkan bahwa jumlah personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan dan pengawalan mudik lebaran 2024 sebanyak 1.321 orang dari berbagai unsur, termasuk Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes, RSUD, Damkar, KIC, PKS, KBPPP, dan Mitra Kamtibmas.

Sebanyak 12 posko yang terdiri dari Pospam, Posyan, Posko Terpadu, dan Perlibatan Personel Operasi Ketupat Lodaya disiapkan di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang mudik.

Pemetaan telah dilakukan terhadap kawasan-kawasan yang menjadi titik kemacetan baik di wilayah Cimahi maupun Kabupaten Bandung Barat, dengan fokus pada jalur Cianjur-Cipatat-Padalarang yang paling rawan.

Satgas Premtif dan Preventif juga telah disiapkan untuk mengatur arus lalu lintas dan mengantisipasi kemacetan, dengan pengiriman surat kepada para pelaku usaha untuk mengurangi operasi truk mulai tanggal 4 April 2024.

“Pihak kepolisian juga akan mengerahkan Tim Urai menggunakan motor di daerah-daerah yang antreannya padat, serta menyiapkan pasukan penebalan untuk mengantisipasi pasca dari Operasi Ketupat,” tandasnya.

Berita Utama

Scroll to Top