Search
Close this search box.

Gembili: Tanaman Umbi-Umbian yang Terancam, Namun Penuh Manfaat Kesehatan

Umbi Gembili Kaya manfaat untuk Kesehatan
Umbi Gembili Kaya manfaat untuk Kesehatan

Nyaringindonesia.com – Gembili merupakan tanaman umbi-umbian yang semakin langka di pasaran, masih cukup banyak ditanam di pedesaan meskipun kelestariannya kian terancam.

Umbi dari tanaman ini dapat dimakan dan biasanya direbus, menghasilkan tekstur yang kenyal. Serupa dengan umbi gembolo namun berukuran lebih kecil, gembili memiliki potensi besar untuk masa depan.

Tanaman gembili tumbuh merambat dengan arah rambatan searah jarum jam jika dilihat dari atas, dan memiliki batang yang agak berduri.

Potensi besar tanaman ini telah mendorong berbagai penelitian untuk melestarikan keragaman hayati dan mengembangkan pengolahan umbinya.

Manfaat Kesehatan dari Umbi Gembili

1. Menyehatkan Mata

Umbi gembili kaya akan vitamin A, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam umbi gembili sangat baik untuk pencernaan, membantu melancarkan proses pencernaan.

3. Mengandung Zat Glukomanan

Umbi gembili mengandung glukomanan yang dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Zat ini juga membantu menetralkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga sering digunakan sebagai obat alami bagi penderita kolesterol.

4. Melindungi Tubuh dari Penyakit Akibat Pola Makan Buruk

Serat tinggi dalam umbi gembili bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit yang diakibatkan oleh pola makan yang tidak baik, seperti penyakit jantung, kanker usus, diabetes mellitus, dan obesitas.

Dengan manfaat kesehatan yang beragam, gembili menunjukkan potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut.

Upaya pelestarian dan pengolahan umbi gembili perlu terus ditingkatkan agar tanaman ini tidak hanya tetap ada, tetapi juga memberikan manfaat optimal bagi kesehatan.

Follow Berita Nyaring Indonesia di Google News

Berita Utama