Perumahan ARHASS VILLA

Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Taipei: Bangunan Rusak dan Peringatan Tsunami bagi Negara Tetangga

Gempa
Tangkapan layar Gempa Taipei
NyaringIndonesia.com – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 Skala Richter (SR) telah mengguncang Taipei, ibu kota Taiwan, di lepas pantai Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pukul 07:58 pagi. Guncangan tersebut menyebabkan kerusakan bangunan dan pemadaman listrik di beberapa bagian kota. Menurut otoritas setempat, episenter gempa terletak pada kedalaman 15,5 km di lepas pantai timur Taiwan.

Gempa ini merupakan gempa terkuat yang melanda Taiwan dalam 25 tahun terakhir dan juga dirasakan oleh negara-negara tetangga seperti China, Jepang, dan Filipina. Jepang dan Filipina bahkan telah mengeluarkan peringatan evakuasi karena potensi tsunami.

Video yang viral di media sosial menunjukkan kehancuran bangunan di beberapa kota akibat guncangan gempa magnitudo 7,2 tersebut. Puing-puing bangunan yang runtuh juga menimpa kendaraan yang terparkir di sekitarnya. Di video yang diunggah oleh akun @realCarola2hope, kendaraan di jembatan terlihat berhati-hati saat melintas, bahkan ada sepeda motor yang terlihat terhenti karena guncangan.

Jepang telah mengeluarkan perintah evakuasi bagi wilayah pesisir di selatan prefektur Okinawa, mengantisipasi gelombang tsunami setinggi hingga 3 meter yang diperkirakan mencapai sebagian besar wilayah pantai barat daya Jepang. Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir di beberapa provinsi, menghimbau mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dikutip dari Reuters

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat dengan kekuatan M 7,4, terletak 18 kilometer dari Kota Hualien, di timur Taiwan. Sementara itu, Badan Cuaca Pusat Taiwan memperkirakan kekuatan gempa tersebut sebesar 7,2 SR.

Berita Utama

Scroll to Top