Google Doodle Hari Ini Menampilkan Wajah Sosok Salah Satu Artis Kebanggaan Indonesia Bernama Aminah Cendrakasih Alias Mak Nyak

Mengenang Sang Tokoh Ikonik “Mak Nyak” Aminah Cendrakasih di Google Doodle
Mengenang Sang Tokoh Ikonik “Mak Nyak” Aminah Cendrakasih di Google Doodle

NyaringIndonesia.com – Aminah Cendrakasih atau yang akrab disapa Mak Nyak, menjadi bintang Google Doodle hari ini, yang menandai ulang tahunnya yang ke-86. Berikut adalah biografi singkat Aminah Cendrakasih:

**Profil Aminah Cendrakasih:**
Aminah Cendrakasih adalah seorang artis yang telah memberikan kontribusi besar pada dunia hiburan Indonesia. Lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, ia merupakan anak dari artis senior Indonesia, Wolly Sutinah (Mak Wok), dan seorang pelawak, Husni Nagib. Aminah memulai kariernya di dunia seni sejak usia belia, aktif dalam pentas sandiwara sejak tahun 1955.

Pada tahun yang sama, Aminah Cendrakasih tampil dalam film “Oh, Ibuku” dan bermain bersama ibunya dalam film “Gambang Semarang.” Kariernya terus berkembang, dan ia membintangi berbagai film dan serial televisi. Aminah Cendrakasih tutup usia pada 21 Desember 2022.

**Sosok yang Dikenal sebagai Mak Nyak:**
Salah satu peran yang sangat melekat pada Aminah Cendrakasih adalah perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan.” Sinetron ini, yang tayang dari tahun 1994 hingga 1997, menjadi sangat populer, dan karakter Mak Nyak yang diperankannya memberikan kesan mendalam kepada pemirsa.

Mak Nyak, sebagai ibu dari karakter Doel yang diperankan oleh Rano Karno, berhasil merepresentasikan sosok ibu di Indonesia dengan sangat akurat dan mendalam, menciptakan kesan yang tak terlupakan di benak pemirsa.

**Prestasi Aminah Cendrakasih:**
Aminah Cendrakasih mencapai sejumlah prestasi selama kariernya. Pada tahun 2013, ia menjadi orang pertama yang mendapatkan Lifetime Achievement Award dari Indonesia Movie Award. Selain itu, ia meraih Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada tahun 1992 sebagai penghargaan atas dedikasinya dalam dunia akting.

Aminah Cendrakasih juga aktif dalam organisasi, seperti Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), menunjukkan keterlibatannya dalam pengembangan seni dan budaya di Indonesia.

Google Doodle yang mengabadikan wajah Aminah Cendrakasih pada hari ulang tahunnya ini menjadi penghormatan untuk mengenang warisan dan kontribusinya yang tak terlupakan dalam dunia seni Indonesia. Semoga karyanya terus dikenang dan memberikan inspirasi bagi generasi berikutnya.

Berita Utama

Scroll to Top