Search
Close this search box.

Harashta Haifa Zahra Cetak Sejarah, Terpilih sebagai Miss Supranational 2024

Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra
Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra

Nyaringindonesia.com – Harashta Haifa Zahra, atau yang akrab disapa Tata, mencatat sejarah baru bagi Indonesia dengan terpilihnya sebagai Miss Supranational 2024.

Gelar bergengsi ini ia raih di Strzelecki Park Amphitheater, Polandia pada 6 Juli 2024. Kontes kecantikan ini diikuti oleh 68 negara dan para finalis telah mengikuti rangkaian kegiatan sejak 17 Juni 2024 hingga malam Grand Final.

Tata menjadi Miss Supranational ke-15, mengalahkan pesaing lainnya di lima besar seperti Isadora Murta dari Brazil, Justyna Zedníkova dari Ceko, Chanelle de Lau dari Curacao, dan Jenna Dykstra dari Amerika.

Mojang asal Bandung ini berhasil memukau penonton dan dewan juri dengan penampilan musik tradisional kecapi dan membawakan lagu “Bubuy Bulan” serta tarian khas Jawa Barat dan Bali, yang menjadikannya pemenang Supra Talent 2024.

Harashta Haifa Zahra lahir pada 5 September 2003 di Garut, Jawa Barat. Saat ini, Tata menempuh studi Sarjana (S1) di program studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung.

Berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), Tata, yang memiliki tinggi 173 cm, tercatat sebagai mahasiswa aktif sejak 2020.

Sebagai mahasiswa Teknik Lingkungan, Tata aktif mengampanyekan pengolahan sampah terutama limbah makanan melalui program Mother of Nature di media sosialnya.

Sebelumnya, ia merupakan lulusan SMA Negeri (SMAN) 2 Bandung pada 2017, sebuah sekolah unggulan yang berada di peringkat 298 nasional berdasarkan nilai UTBK yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Awal karier Tata dimulai dari ajang Mojang Jajaka Kota Bandung, yang kemudian mengantarkannya ke kompetisi Puteri Indonesia 2024.

Dalam ajang Puteri Indonesia 2024, Tata tidak hanya memenangkan gelar Miss Talent, tetapi juga menjadi pemenang utama yang mengantarkannya ke kompetisi Miss Supranational 2024.

Tata mendapatkan beasiswa penuh untuk studi S2 atau S3 dari Universitas Indonesia senilai Rp100 juta. Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai duta merek Bank Central Asia (BCA) pada Maret lalu.

Di ajang Miss Supranational 2024, Tata menjadi satu-satunya perwakilan Asia yang masuk final serta orang Indonesia pertama yang meraih gelar Miss Supranational.

Kemenangan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Harashta Haifa Zahra telah menunjukkan bahwa dengan dedikasi dan kerja keras, impian besar bisa terwujud dan menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Follow Berita Nyaring Indonesia di Google News

Berita Utama