Hindari Mengisi BBM Oplosan, Anda Bisa Bedakan Dengan Cara Berikut

NyaringIndonesia.com – Banyak oknum memanfaatkan kenaikan harga BBM untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Sindikat Pengoplos solar yang di tangkap Polres Bengkulu misalnya.

Menurut keterangan, dari praktik curang ini para pelaku bisa mendapat keuntungan Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per liter. Bisa di bayangkan hasil keuntungan mereka dari 10 ton solar yang di amankan pihak kepolisian.

Untuk itu pengguna kendaraan jangan sampai tergiur jika ada yang menjual BBM dengan harga murah. Sebab menggunakan BBM oplosan sangat beresiko terhadap komponen mesin dan membuat performa kendaraan menjadi bermasalah bahkan bisa merusak.

Untuk menghindari itu semua, sebaiknya lakukannya pengisian bahan bakar yang murni dengan mengisi langsung di SPBU resmi.

BACA JUGA:  Partai Demokrat Tidak Melihat Upaya Penghematan Oleh Pemerintah

Sementara untuk sekedar pengetahuna saja, berikut beberapa tips cara membedakan BBM oplosan dengan BBM murni yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara membedakan bensin oplosan dengan bensin murni

1. Menggunakan jari tangan

Jari tangan bisa digunakan sebagai media untuk menguji sebuah bensin. Carannya sederhana, hanya perlu memasukan bagian tubuh kalian tersebut ke dalam bensin yang dijual.

Tunggu beberapa detik dan amati bagaimana penguapan yang terjadi pada bahan bakar di jarimu. Jika mendapati bensin cepat hilang atau mengering, maka hal tersebut adalah tanda kalau bahan bakar tersebut murni.

Apabila sebaliknya, beberapa detik tidak ada perubahan dan meninggalkan zat sisa, maka itu adalah indikator kalian mendapatkan bensin oplosan. Mungkin percobaan ini terlihat absurd, namun perlu kalian ketahui bensin merupakan benda yang cepat menguap. Maka dari itu, tempat penyimpannya di motormu dibuat rapat dan kedap udara.

BACA JUGA:  Mensos Risma Minta Kepolisian Selidiki Agen Yang Pegang ATM KKS

2. Koran bekas juga bisa jadi alternatif

Cara lain yang juga bisa digunakan untuk menguji hal ini adalah dengan media koran. Mungkin kalian akan bertaya-tanya bagaimana bisa, dan caranya seperti apa? Penggunaan koran untuk mengetahui mana bensin oplosan dan murni adalah dengan melihat tulisan yang ada di benda tersebut bisa dibaca atau tidak.

Maksudnya, ketika bensin telah dicampur, akan menjadikan sebuah tulisan di koran luntur. Pasalnya, kebanyakan pengoplos mengunkan minyak tanah sebagai bahan campuran. Dan tinta di koran tidak tahan dengan bahan tersebut.

Sedangkan ketika masih bisa dibaca, maka hal tersebut adalah tanda bahan bakar itu benar-benar murni.

Cara membedakan solar oplosan dengan solar murni

BACA JUGA:  Harga BBM Pertalite dan Solar Akan Naik Pekan Ini

1.Tekstur dan warna fisik
Solar murni memiliki warna yang lebih cerah dengan tekstur pada kulit yang terasa kesat. Sedangkan solar oplosan akan cenderung berwarna keruh serta bertekstur licin jika terkena dengan kulit.

Kedua hal ini cukup berbeda karena efek kesat yang dihasilkan oleh solar murni dikarenakan belum mengalami pembakaran dalam mesin.

2. Aroma bau
Bahan bakar solar murni akan cenderung beraroma menyengat dan lebih menusuk hidung, berbeda dengan solar oplosan. Aroma yang tercium dari solar oplosan tidak menyengat dan tidak dominan.

Demikianlah beberapa tips cara membedakan BBM murni dengan BBM oplosan. ***

BERITA TERBARU