Perumahan ARHASS VILLA

HPSN 2024, Sampah Plastik Ancaman Polusi Global

sampah
HPSN 2024 soroti sampah plastik karena bisa jadi ancaman polusi global
JAKARTA, NyaringIndonesia.com – Setiap tanggal 21 Februari, Indonesia memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Dalam peringatan HPSN tahun 2024, tema yang diangkat adalah “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”.

Tema ini dipilih karena masalah sampah plastik masih menjadi perhatian serius baik secara nasional maupun internasional. Pencemaran oleh sampah plastik telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

Menurut United Nations Environment Programme (UNEP), jumlah sampah plastik yang masuk ke ekosistem akuatik dapat meningkat hampir tiga kali lipat pada tahun 2040 jika tidak ada upaya untuk mencegah polusi plastik.

Ancaman polusi plastik ini menjadi perhatian global, dan United Nations Environment Assembly (UNEA) telah menyetujui Resolusi 5/14 End plastic pollution: Towards Internasional Legally Binding Instrument. Resolusi ini memberi mandat kepada UNEP Executive Director untuk menyusun international legally binding instrument (ILBI) on plastic pollution, termasuk di lingkungan laut.

Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) KLHK, menyatakan bahwa peringatan HPSN 2024 merupakan momentum untuk memperkuat posisi Indonesia dalam ILBI on plastic pollution dan kesiapan dalam melaksanakan komitmen Zero Waste Zero Emission 2050.

Selain itu, peringatan ini juga bertujuan untuk mendorong semua pihak, termasuk pemerintah daerah, produsen, dan masyarakat luas, untuk mendukung target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

Peringatan HPSN 2024 akan diselenggarakan selama bulan Februari dan Maret 2024, yang disebut sebagai Bulan Peduli Sampah Nasional 2024. Kegiatan utama dan puncak HPSN akan diselenggarakan oleh KLHK bekerja sama dengan pihak lain di berbagai tempat, sementara kegiatan pendukung akan diselenggarakan secara mandiri oleh pihak lain. KLHK juga telah menerbitkan Surat Edaran Menteri LHK tentang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.

Selain itu, dalam menyambut penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024, KLHK juga mengajak seluruh pihak untuk menangani sampah yang berasal dari bekas alat peraga kampanye. Sampah-sampah tersebut diharapkan tidak langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), melainkan dimanfaatkan untuk daur ulang atau digunakan kembali.

Peringatan HPSN 2024 akan berlangsung di berbagai tempat, termasuk penyelenggaraan puncak, kegiatan pameran, dialog, talk show, Aksi Bersih Negeri, Tanam Pohon, dan zero waste adventure camp di seluruh Indonesia. Acara ini akan diakhiri dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah Kompetisi Konten Kreatif HPSN 2024 di Gedung Manggala Wanabakti pada pekan keempat Maret 2024.

Berita Utama

Scroll to Top