Search
Close this search box.

Inggris dan Belanda Melaju ke Semi-Final EURO 2024 dengan Dramatis

Semi-final EURO 2024
Semi-final EURO 2024

Nyaringindonesia.com – Tim Nasional Inggris dan Belanda berhasil melaju ke semi-final EURO 2024 setelah meraih kemenangan dramatis dalam pertandingan perempat final.

Inggris menang adu penalti 5-3 melawan Swiss setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Merkur Spiel-Arena, sementara Belanda unggul 2-1 atas Turki berkat gol bunuh diri di Olympiastadion.

Inggris vs Swiss

Img 20240707 124658

Pertandingan antara Inggris dan Swiss berlangsung sengit. Kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit pertama.

Di babak tambahan, Breel Embolo membuka keunggulan untuk Swiss pada menit ke-75. Penyerang berusia 27 tahun yang bermain untuk AS Monaco ini memanfaatkan peluang dengan baik untuk menggetarkan gawang Inggris.

Namun, Inggris tidak butuh waktu lama untuk merespons. Lima menit berselang, Bukayo Saka, sayap kanan berusia 22 tahun dari Arsenal, menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari Declan Rice, gelandang bertahan Arsenal yang berusia 25 tahun.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-1, memaksa kedua tim untuk melanjutkan laga ke adu penalti.

Dalam adu penalti, semua penendang Inggris berhasil mengeksekusi tendangan mereka dengan sempurna. Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold semuanya sukses mencetak gol.

Sebaliknya, penendang pertama Swiss, Manuel Akanji, gagal mencetak gol, sedangkan Fabian Schär, Xherdan Shakiri, dan Zeki Amdouni berhasil menjalankan tugas mereka dengan baik. Kegagalan Akanji ini membuat Swiss harus mengakui keunggulan Inggris dengan skor adu penalti 5-3.

Belanda vs Turki

Img 20240707 124644

Di pertandingan lainnya, Belanda harus bekerja keras untuk mengalahkan Turki. Turki membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-35 melalui gol Samet Akaydin, bek berusia 30 tahun dari Fenerbahçe S.K., yang menerima umpan dari Arda Güler, gelandang 19 tahun dari Real Madrid.

Belanda tidak menyerah dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-70 melalui gol Stefan de Vrij, bek tengah berusia 32 tahun yang bermain untuk Internazionale Milano, dengan bantuan asis dari Memphis Depay, penyerang 30 tahun dari Atletico Madrid.

Drama semakin memuncak ketika Turki mencetak gol bunuh diri pada menit ke-76. Mert Müldür, bek berusia 25 tahun dari Fenerbahçe S.K., secara tidak sengaja memasukkan bola ke gawang sendiri, memberikan keunggulan 2-1 untuk Belanda.

Keadaan semakin buruk bagi Turki ketika Bertuğ Özgür Yıldırım, penyerang berusia 22 tahun dari Rennes, mendapat kartu merah pada masa tambahan waktu (90’+6), meninggalkan Turki bermain dengan 10 pemain.

Kemenangan dramatis ini memastikan Inggris dan Belanda bertemu di semi-final EURO 2024. Pertandingan ini diharapkan akan menjadi laga yang seru, mengingat kedua tim memiliki performa yang impresif sepanjang turnamen.

Pendukung sepak bola di seluruh dunia pasti tidak sabar menantikan siapa yang akan melangkah ke final dan berjuang untuk meraih gelar juara Eropa.

Follow Berita Nyaring Indonesia di Google News

Berita Utama