Karhutla di Pulau Merbau, Tim Gabungan Berhasil Padamkan Api

Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD Meranti, bantun padamkan api kebakaran hutan
Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD Meranti, bantun padamkan api kebakaran hutan

MERANTI, NyaringIndonesia.com – Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH bersama personel gabungan, Jumat (31/3/2023) pagi, melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di jalan poros Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau.

Karhutla yang terjadi di wilayah hukum Polsek Tebingtinggi Barat itu diketahui terjadi pada Kamis (30/3/2023) pagi, yang terpantau di Dashboard Lancang Kuning.

Puluhan personel gabungan yang terdiri dari Polsek Tebingtinggi Barat, TNI, BPBD, Satpol PP, masyarakat peduli api (MPA), dan dibantu warga setempat langsung turun ke lokasi memadamkan api pada malam itu.

Kebakaran tersebut telah menghanguskan setidaknya kurang lebih 6 hektar lahan.

“Pada Jumat paginya, kami dari Polres bergabung dengan tim gabungan untuk melakukan pemadaman dan pendinginan. Saat ini kebakaran di lokasi tersebut sudah terkendali,” ungkap Kapolres Andi Yul, Sabtu (1/4/2023).

Kapolres mengakui adanya kendala dalam proses pemadaman. Dimana, saat itu cuaca panas dan angin kencang.

“Cuaca sangat panas, sehingga mengakibatkan timbulnya 3 titik api di lokasi tersebut yang terpantau Dashboard Lancang Kuning,” bebernya.

Disebutkan Andi Yul, bahwa sejak Kamis pagi hingga hari ini personel masih melakukan pendinginan.

Lebih lanjut, terkait karhutla, Kapolres Andi Yul kembali menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak melakukan pembakaran. Mengingat, saat ini memasuki musim panas yang disertai angin kencang.

“Kita semua harus waspada. Karena sekarang lagi musim panas dan angin kencang. Jangan memerun atau membuka lahan dengan cara membakar. Bila terjadi karhutla, maka pelakunya akan dikenakan pidana,” himbaunya. (Humas¬†Polres¬†Meranti)

Berita Utama