Kebakaran Menghanguskan Kandang Ayam di Sumedang, Kerugian Capai Rp 700 Juta

Kebakaran
Foto Ilustrasi kebakaran

SUMEDANG, Nyaringindonesia.com – Kebakaran besar menghantam sebuah kandang ayam di Dusun Ciakar Bedeng RT 02/02, Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Selasa (9/1/2024) dini hari.

Ganjar (38), pemilik kandang, harus merasakan duka yang mendalam. Ayam-ayam peliharaannya, yang berjumlah belasan ribu dan berusia dua minggu, tewas terpanggang dalam peristiwa tragis ini.

Danton Damkar UPT Tanjungsari, Daniel Bakti, mengungkapkan bahwa kebakaran ini pertama kali dilaporkan oleh warga sekitar pukul 02.48 WIB.

“Kandang ayam seluas 240 meter persegi ini diduga terbakar akibat korsleting listrik,” ungkap Daniel.

Kerugian dari kebakaran ini mencapai angka yang cukup signifikan, diperkirakan mencapai Rp 700 juta. “Saat kejadian, kami menerima laporan bahwa sekitar 12 ribu ekor ayam tewas dalam insiden ini,” tambahnya.

Namun, upaya pemadaman tampaknya menemui kendala. Lima petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi harus bekerja tanpa dukungan alat pemadam yang memadai.

“Mobil pemadam milik UPT Damkar Tanjungsari dan UPT Sumedang Kota masih dalam kondisi rusak,” jelas Daniel.

Kendala-kendala tersebut memperparah situasi. “Kami harus menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi dan melakukan pemadaman secara manual. Sayangnya, api telah membesar sehingga sulit untuk dikendalikan,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih terus dilakukan. Api yang membara membuat proses pemadaman menjadi sulit dan berisiko.

Diharapkan dengan bantuan alat pemadam yang memadai dan dukungan masyarakat, api dapat segera dipadamkan dan situasi dapat segera kembali normal.

Berita Utama

Scroll to Top