Komoditas Aren diharapkan Jadi Icon Kabupaten Tasikmalaya

Komoditas Aren diharapkan Jadi Icon Kabupaten Tasikmalaya
Komoditas Aren diharapkan Jadi Icon Kabupaten Tasikmalaya

TASIKMALAYA, NyaringIndonesia.com – Pertama kali diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas pada 2017, Indonesia Development Forum atau IDF adalah wadah bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta, dan nirlaba untuk bertemu dan bertukar gagasan mengenai pemikiran, pendekatan, dan strategi pembangunan Indonesia.

Tahun 2020 seharusnya menjadi kali ke-4 pelaksanaan IDF yang rencananya akan diadakan di Bali, 28-29 Juli 2020. Tetapi, karena perkembangan situasi dan kondisi Pandemi Covid-19, acara ini diundur selama dua tahun sehingga baru dapat dilaksanakan pada 16 – 18 Maret 2022 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kabupaten Tasikmalaya yang diwakili oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) ikut berpartisipasi memaparkan inovasinya pada sesi parallel IDEA Series: Imagine. Sub tema pembangunan yang diikuti adalah Penguatan Subsektor Industri Makan Minum Berbasis Komunitas Melalui Pengembangan Industri Kecil.

BACA JUGA:  Ridwal Kamil Dorong Kades Melek Digital

BACA JUGA: DLH Meranti Buat Terobosan Paving Blok dari Limbah Plastik

Pada forum nasional ini Bappelitbangda diwakili oleh ASN Perencana Ahli Muda, Satya Laksana, memaparkan Merek Kolektif Sebagai Inovasi Pengembangan Industri Kecil Berbasis Komoditas Lokal di Kabupaten Tasikmalaya.

Gagasan ini adalah tindak lanjut dari arahan Bupati Tasikmalaya yang melihat komoditas Aren di Kabupaten Tasikmalaya berpotensi untuk menjadi komoditas unggulan sekaligus bahan baku industri kecil makanan tradisional di Kabupaten Tasikmalaya. Pada Tahun 2021 Bupati Tasikmalaya telah melakukan kunjungan kerja ke Kota Tomohon Sulawesi Utara untuk studi banding pengelolaan komoditas Aren di sana.

Dari hasil kunjungan kerja tersebut, kemudian Bappelitbangda secara serius menggagas inovasi pembangunan dengan merancang konsep inovasi pengembangan komoditas Aren yang diharapkan menjadi icon Kabupaten Tasikmalaya. (Dhanny/hms)

BACA JUGA:  Peringati Pangan Sedunia, Dispangtan  Kota Cimahi Gelar Panganan Murah

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur