Mahasiswa Unjani Harus Memiliki Jiwa Kejuangan TNI AD

unjani
Mahasiswa baru Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mendapat Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (LDKK).

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Setiap mahasiswa baru Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mendapat Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (LDKK). Tujuannya, agar setiap mahasiswa memiliki jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan saat menuntut ilmu.

Selain itu, melalui LDKK ini diharapkan setiap mahasiswa Unjani memiliki jiwa kejuangan seperti TNI AD sesuai pemilik universitas yang di kelola melalui Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP)

Keinginan tersebut diungkap Rektor Unjani Hikmahanto Juwana, usai membuka LDKK TA. 2022-2023, dilapangan sepak bola Pusdikarmed jalan Baros, Kota Cimahi. Kamis (08/12/2022).

“ Ini yang membuat universitas kami berbeda dengan yang lain. Mungkin ilmunya sama, tapi warna kami adalah TNI AD,” ungkap Hikmahanto.

Lebih lanjut, ia menyebutkan mahasiswa baru yang akan mengikuti LDKK tahun ini sebanyak 4000 orang. Dari peserta sebanyak itu pihaknya membagi menjadi beberapa gelombang, dan untuk gelombang pertama diikuti oleh 1186 orang.

BACA JUGA:  PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN

Sementara, Wakil Ketua Pengurus YKEP, Mayjen TNI (Purn) Muhammad Bambang Taufik menambahkan, melalui LDKK ini para mahasiswa baru juga akan mendapatkan pelajaran tentang ideologi bernegara, yakni Pancasila.

Menurutnya, mahasiswa harus memiliki jiwa seperti yang tercantum pada sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Intinya, setiap warga negara termasuk mahasiswa Unjani harus memiliki agama, apapun itu agamanya.

“ Setiap agama apapun, semuanya mengajarkan kebaikan dan kemanfaatan,” ujarnya.

Masih ditempat yang sama, Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (DanpussenArmed) Kodiklatad Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya MA., menilai Pendidikan LDKK sangat penting diketahui mahasiswa baru Unjani. Terlebih, mereka adalah para calon pemimpin dimasa yang akan datang.

BACA JUGA:  UKW PWI Jabar Tahun 2022, Ngatiyana: Semoga Kwalitas Para Awak Media Semakin Meningkat

Sabagaimana diketahui, sabagian besar pemimpin bangsa Indonesia banyak berasal dari mahasiswa seperti mereka.

“ Jadi sebelum mereka mengikuti pelajaran, kita akan berikan sedikit pelajaran terkait kepemimpinan. Sehingga nantinya jika diantara mahasiswa ini ada yang menjadi pemimpin, setidaknya sudah mengetahui menjadi seorang pemimpin,” tutup Yudhy.

BERITA TERBARU