Menu Diet Enak dan Mengenyangkan

telur
Telur salah satu menu diet enak dan mengenyangkan (foto, pixabay)

NyaringIndonesia.com – Sebetulnya makanan sehari-sehari yang sering kita konsumsi bisa dipakai untuk diet atau menurunkan berat bandan, tinggal jumlah kalorinya saja yang harus di atur.

Kendati begitu, masih banyak masyarakat yang pusing memilih makanan apa yang cocok untuk diet. Perlu dicatat, jangan sampai program diet menyengsarakan diri sendiri.

Mengutip dari Healthline, berikut 15 menu diet yang ampuh menguruskan badan yang enak dan mengenyangkan.

1. Sajian telur
Sebuah penelitian yang melibatkan 50 orang sehat dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa makan telur dan roti panggang mentega untuk sarapan sebagai pengganti sereal, susu, serta jus, bisa meningkatkan perasaan kenyang selama 4 jam.

Demikian pula, penelitian lain di antara 48 orang dewasa sehat menemukan bahwa mereka yang makan sarapan berbasis telur, baik protein dan seratnya tinggi atau sedang, melaporkan rasa kenyang lebih tinggi daripada mereka yang makan sereal dan susu rendah serat.

BACA JUGA:  Kasus DBD Selama 2022 di Kota Cimahi Masih Tinggi

Ingat, rasa kenyang dapat membantu memerangi makan berlebihan yang didorong oleh rasa terlalu lapar Bunda.

2. Sayuran hijau
Menu diet agar cepat kurus selanjutnya adalah sayurah hijau. Ini termasuk kangkung, bayam, sawi hijau, dan beberapa lainnya.

Sayuran hijau bisa mempertahankan berat badan yang sehat karena mengandung serat dan nutrisi yang membuat Bunda kenyang serta terhidrasi. Sayuran berdaun hijau juga mengandung tilakoid, senyawa tanaman yang telah dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan manajemen nafsu makan lebih baik.

3. Salmon
Aneka sajian salmon juga sangat bergizi dan mengenyangkan. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting.

Kandungan dalam salmon membuat Bunda kenyang dan bisa membantu mencapai berat badan yang lebih sehat. Salmon sarat dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan penyebab obesitas.

BACA JUGA:  Kalian Tim Makan Bubur Ayam Diaduk atau Tidak Diaduk?

4. Dada ayam dan daging rendah lemak
Secara nutrisi, ayam dan daging merah sama-sama tinggi protein serta zat besi. Dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak seperti steak tenderloin mengemas protein, zat besi, serta memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan potongan lainnya.

Pilih menu diet agar cepat kurus ini untuk mendukung manajemen berat badan dan kesehatan jantung dengan lebih baik.

5. Kentang rebus
Kentang putih bagus untuk diet rendah karbohidrat. Kentang tinggi potasium, nutrisi yang banyak orang tidak mendapatkannya dengan cukup.

Jika anda membiarkan kentang mendingin beberapa saat setelah direbus, kentang akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

BACA JUGA:  Jusuf Hamka Sultan Beneran Yang Enggak Doyan Pamer Harta

6. Kacang-kacangan
Menu diet agar cepat kurus seperti kacang-kacangan bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ini termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah, dan beberapa lainnya.

Makanan tersebut cenderung tinggi protein dan serat yang merupakan dua nutrisi peningkat rasa kenyang. Mereka juga cenderung mengandung beberapa pati resisten.

7. Sup
Sup bisa menjadi menu diet yang lezat untuk meningkatkan asupan sayuran dan biji-bijian. Namun jenis sup yang berbahan dasar krim atau mengandung daging olahan tidak akan memberikan dorongan nutrisi serupa.

Jika anda menginginkan sup yang lebih kaya, ada cara untuk meningkatkan krimnya tanpa menggunakan krim kental. Cobalah mencampurkan alpukat yang membantu meningkatkan jumlah serat sup atau kacang mete.

Sup pada dasarnya adalah cairan sehingga menghidrasi. Sup juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mendukung manajemen berat badan.

BERITA TERBARU