Menuju Lingkungan yang Lestari: Komitmen Bersama Kota Cimahi

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan peringatan global yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan mempromosikan tindakan untuk menjaga keberlanjutan bumi. Biasanya diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni.

Pj Walikota Cimahi Dicky Saromi mengatakan peningkatan kesadaran lingkungan adalah langkah penting dalam menjaga keberlanjutan kota. Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

” Semangat untuk mendorong kesadaran dan tindakan positif dalam menjaga lingkungan sangat penting, dan ini adalah panggilan untuk semua warga Kota Cimahi untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.” kata Dicky¬† saat wawancara, di Kampung Cireundeu, Senin (10/06/24).

Restorasi lahan adalah langkah penting dalam mengatasi kekeringan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada lingkungan kita. Melalui penanaman di lahan bekas TPA Leuwigajah, kita tidak hanya menghidupkan kembali lahan yang terabaikan, tetapi juga mengurangi risiko bencana alam seperti longsor.

” Ini adalah langkah proaktif yang menggabungkan upaya konservasi lingkungan dengan mitigasi risiko bencana, dan merupakan contoh positif bagi upaya pelestarian lingkungan di Kota Cimahi.” ucapnya.

Upaya Dicky untuk mencegah kejadian serupa dan menjaga kelestarian lahan dengan penanaman pohon secara berkala adalah langkah yang sangat tepat. Lingkungan yang sehat dan bersih adalah hak bersama yang perlu dijaga demi kesejahteraan kita semua dan generasi mendatang.

” Dengan keterlibatan aktif dari masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan aman dari risiko bencana.” tambahnya.

Menurutnya, Kampung Cirendeu memiliki peran penting sebagai daerah lahan terbuka dan daerah hijau bagi kelangsungan hidup masyarakat Kota Cimahi. Baik secara mikro maupun makro, keberadaannya memberikan manfaat yang signifikan, mulai dari penyediaan oksigen, penyerapan karbon, hingga menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi warga.

” Dengan menjaga kelestarian Kampung Cirendeu, kita dapat memastikan bahwa manfaat ini akan terus dirasakan oleh generasi yang akan datang.” ujar Dicky.

Pemkot Cimahi memiliki komitmen untuk merawat pohon yang telah ditanam dengan baik, dan partisipasi aktif dari masyarakat Kampung Cirendeu dalam menjaga pohon tersebut akan sangat dihargai.

” Memperhatikan dan merawat pohon-pohon ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat, tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, seperti penyediaan udara bersih, penyerapan air, dan keindahan alam.” tandasnya.

” Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci untuk menjaga keberlanjutan lingkungan di Kampung Cirendeu dan Kota Cimahi secara keseluruhan.” sambung Dicky.

Pentingnya keberlanjutan dalam upaya penghijauan di Kota Cimahi sangat disadari masyarakat Dan langkah-langkah yang diambil saat ini haruslah berkelanjutan dan terus menerus dilakukan, bukan hanya sebagai seremonial belaka.

” Hanya dengan konsistensi dalam menjaga lingkungan dan melakukan penghijauan, kita dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan bagi Kota Cimahi dan bagi lingkungan secara keseluruhan.” tutupnya.

Berita Utama