Microsoft Rilis Pembaruan Keamanan Rahasia untuk Windows 10 Versi 1507 dan Windows Server 2016

Microsoft
Windows Update pembaruan keamanan

Nyaringindonesia.comMicrosoft secara diam-diam merilis pembaruan keamanan (security update) untuk sistem operasi Windows 10 versi 1507 dan Windows Server 2016. Update ini, dikenal dengan nomor “KB5035238,” dirilis sekitar seminggu yang lalu dan ditujukan untuk memperbaiki celah keamanan pada fitur Group Policy.

Celah keamanan tersebut, yang diidentifikasi sebagai “CVE-2024-20657,” memperoleh skor risiko keamanan 7 dari skala 10, menunjukkan tingkat bahaya yang cukup signifikan jika dibiarkan tanpa penanganan.

Celah ini berpotensi dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membobol sistem atau melakukan Local Privilege Escalation (LPE).

Group Policy, yang merupakan fitur Windows, memberikan izin dan akses khusus kepada pengguna seperti Administrator atau Guest.

Kemampuan untuk menguasai Group Policy dapat memberikan kontrol penuh terhadap pengaturan sistem, perizinan aplikasi, dan akses ke berbagai fitur atau file di dalam komputer.

Microsoft memberikan peringatan kepada pengguna Windows 10 versi 1507 dan Windows Server 2016 untuk segera memperbarui sistem operasi mereka dengan menggunakan security update KB5035238. Proses pembaruan dapat dilakukan melalui “Control Panel” atau “Settings” di menu “Start” dengan mengakses menu “Windows Update.”

Bagi pengguna yang ingin melakukan pembaruan secara manual, Microsoft menyediakan tautan untuk mengunduh security update KB5035238. Pembaruan ini memiliki ukuran 54,2 MB untuk versi 64-bit dan 33 MB untuk versi 32-bit.

Proses pembaruan dapat dijalankan dengan mengklik dua kali pada file security update yang diunduh dan mengikuti petunjuk yang muncul di layar.

Microsoft mendorong pengguna untuk segera mengambil tindakan ini guna menjaga keamanan sistem operasi mereka dari potensi risiko keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berita Utama

Scroll to Top