Mitos Burung Gagak Hitam Cerdas, Tercantum Dalam Al-Quran

Cerdas

NyaringIndonesia.com – Mitosnya Burung Gagak Hitam adalah burung kematian karena sering dikaitkan dengan mistis. Tapi kabarnya Burung Gagak Hitam itu cerdas, kreatif, mau bekerjasama, dan peduli terhadap lingkungan.

Selain itu, kabarnya burung ini merupakan burung tertua dibumi karena sudah ada sejak Nabi Adam AS.

Tentang burung gagak ini, Allah Ta’ala sebutkan dalam firmanNya:

فَبَـعَثَ اللّٰهُ غُرَابًا يَّبۡحَثُ فِىۡ الۡاَرۡضِ لِيُرِيَهٗ كَيۡفَ يُوَارِىۡ سَوۡءَةَ اَخِيۡهِ‌ؕ قَالَ يَاوَيۡلَتٰٓى اَعَجَزۡتُ اَنۡ اَكُوۡنَ مِثۡلَ هٰذَا الۡغُرَابِ فَاُوَارِىَ سَوۡءَةَ اَخِىۡ‌ۚ فَاَصۡبَحَ مِنَ النّٰدِمِيۡنَ

“Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. (Qabil) berkata,”Oh, celaka aku! Mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini sehingga aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Maka jadilah dia termasuk orang yang menyesal,” (QS Al-Maidah : 31)

BACA JUGA:  Parlemen Kampus Diharapkan Mampu Bangun Citra Positif DPR RI

Hikmah kisah dari ayat ini, ketika AlQur’an memilih makhluk secara harfiah, memberikan pelajaran kepada manusia tentang cara menguburkan jenazah.

Dari itu mengapa burung gagak dianggap hewan cerdas di muka bumi. Di Indonesia sendiri, burung gagak terkenal sebagai burung yang identik dengan mitos “kematian”.

Namun, mitos itu belum bisa dipastikan kebenarannya. Tapi yang pasti menurut keterangan Al-Qur’an tadi, burung gagak telah memberi pelajaran berharga bagi umat manusia.

Burung Tercerdas di Dunia

Menurut hasil laporan penelitian International Widlife Encyclopedia tahun 2002 oleh Maurice Burton dan Robert Burton. Mereka melaporkan bahwa burung gagak memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang paling tinggi di antara jenis spesies burung lainnya.

BACA JUGA:  Pentingnya Komunikasi Persuasif

Otak burung gagak juga dikatakan lebih besar dari otak manusia. Bagian titik gelap otak burung gagak adalah 2,7 persen dari total bobot tubuhnya. Sedangkan, otak manusia dewasa memiliki bagian titik gelap hanya 1,9 persen dari berat badan Ini artinya, otak burung gagak bisa lebih maksimal dalam menyerap informasi dan wawasan.

Tidak hanya cerdas dan pintar, burung gagak juga merupakan burung yang setia, mirip seperti merpati. Setelah menemukan pasangan, burung gagak akan membuat sarang dan tinggal dengan satu pasangan hingga mereka mati. Diketahui, usia burung gagak dapat mencapai 17 tahun. Bahkan, ada beberapa burung gagak yang mampu hidup selama 23 tahun sampai 40 tahun

BACA JUGA:  Salah Satu Pimpinan KPK Mengundurkan Diri

Wallahu A’lam

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur