Monumen Pancasila Bukti Sejarah Kekejaman PKI

Monumen Pancasila
Monumen Pancasila dibangun untuk mengenang kekejaman PKI

NyaringIndonesia.com – Monumen Pancasila Sakti yang bangun di sekitaran Lubang Buaya merupakan monumen pengingat atas peristiwa G30S/PKI.

Peristiwa G30S/PKI dimulai ketika pemberontakan oleh sekelompok gabungan PKI yang dipimpin oleh Letkol Untung yang menyergap 6 jenderal dan 1 lettu.

Peristiwa tersebut terbilang sadis, bagaimana tidak sejumlah petinggi saat itu diculik lalu di siksan hingga meregang nyawa. Gilanya lagi, semua mayatnya di buang ke satu sumur tua di area Lubang Buaya oleh PKI.

Diketahui, dulunya daerah itu merupakan perkebunan karet yang berbatasan dengan lapangan udara Halim Perdana Kusuma.

Dilansir dari situsĀ cagarbudaya.kemdikbud.go.id, berikut ialah 8 area bersejarah yang dapat Anda lihat saat berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti.

BACA JUGA:  Berikut Keterangan Fase Gerhana Bulan Dari BMKG

Sumur Tua

Sumur tua dengan kedalaman 12 meter dan berdiameter 75 cm iyalah tempat pembuangan jenazah 7 Pahlawan Revolusi.

Rumah Penyiksaan

Rumah milik simpatisan PKI yang awalnya difungsikan untuk sekolah rakyat lalu digunakan untuk menawan, menyiksa, dan pembunuhan 7 Pahlawan Revolusi.

Pos Komando

Rumah kecil milik penduduk yang digunakan Letkol Untung untuk mempersiapkan rencana penculikan 7 Pahlawan Revolusi.

Dapur Umum

Mirip dengan pos komando, rumah kecil yang digunakan sebagai dapur umum para anggota pemberontak PKI.

Mobil-Mobil Tua

Tersimpan kendaraan-kendaraan yang digunakan dalam peristiwa G30S/PKI mulai dari penjemputan 7 Pahlawan Revolusi, mobil dinas Menteri/Panglima Angkatan Darat, operasi penumpasan pemberontakan, hingga pemindahan jenazah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

BACA JUGA:  Pernyataan Sikap Sambang Gagak Hitam Bengkalis

Monumen Pancasila Sakti

Monumen 7 patung para Pahlawan Revolusi dengan latar belakang sebuah dinding yang disertai patung Garuda Pancasila dan relief di bawah patung.

Museum Penghianatan PKI

Terdapat 2 lantai berisikan diorama peristiwa mengenai cerita sejarah pemberontakan-pemberontakan PKI yang terjadi di wilayah Indonesia.

Museum Paseban

Selain berisikan diorama, terdapat bermacam barang peninggalan para Pahlawan Revolusi terutama pakaian yang dikenakan saat peristiwa G30S/PKI, hasil visum, tabung penyelam, dan radio lapangan.***

BERITA TERBARU