Oknum Dishub Lakukan Pungli Terhadap Sopir Truck, Dishub Kab. Bandung Berikan Sanksi

Kadishub Saat Melakukan Giat Kunjungan dan Opsih di Pasar Banjaran
KABUPATEN BANDUNG, NyaringIndonesia.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung  melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung segera  merespon video yang tayang di beberapa media sosial pada Jum’at (30/12/22) karena diduga melakukan pungli saat melaksanakan tugas Pengamanan Natal dan Tahun Baru.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Iman Irianto, mengatakan bahwa  Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung telah melakukan pemeriksaan dan pengumpulan bahan keterangan guna mendapatkan data dan fakta yang jelas terkait permasalahan ini. 

Menurut Iman Irianto, berdasarkan hasil pengumpulan bahan keterangan dan pemeriksaan. diketahui bahwa oknum dishub yang berinisial “MS” ini adalah Tenaga Harian Lepas (THL) pada Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung yang saat itu memang sedang menjalankan tugas di Pos PAM Ciwidey PAM NATARU 2022.

Dalam pemeriksaan, kata Iman, MS mengakui perbuatan melakukan “Permintaan Uang” ke pengemudi angkutan barang dengan alasan untuk menambal ban motor yang sedang bocor.

BACA JUGA:  Polresta Bandung Amankan 10 Pelajar Yang Hendak Tawuran

Dalam pemeriksaan tersebut dia juga mengakui bahwa tindakan yang dilakukan tersebut merupakan tindakan yang salah dan tidak dapat dibenarkan.

Selanjutnya Iman Irianto mengatakan bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung telah melakukan tindakan kepada oknum tersebut secara kedinasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam penerapan punishment di lingkup Pemkab Bandung.

Adapun tindakan yang dilakukan secara bertahap berupa pemberian teguran secara lisan, penerbitan tertulis berupa pernyataan tidak puas atas kinerja dan perilaku yang bersangkutan dan dilanjutkan dengan melakukan evaluasi lanjutan pasca yang bersangkutan bertugas di lingkungan Sekretariat Dinas Perhubungan Kab. Bandung.

Iman Irianto mengatakan berdasarkan hasil penindakan kepada oknum tersebut, dirinya menegaskan bahwa yang bersangkutan telah menerima atas sanksi yang diberikan Dinas dan membuat pernyataan tertulis tidak akan mengulang kembali perbuatan tersebut, serta siap menerima sanksi lebih berat apabila dikemudian hari mengulang perbuatan yang sama.

BACA JUGA:  Cobra Siap Hadang Oknum Ormas LSM Yang Coba Obok-obok Kota Cimahi

“Oknum Tersebut Telah Mengaku dan Kami Beri Sanksi. Atas kejadian tersebut kami atas nama Dinas Perhubungan Kab. Bandung memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada seluruh masyarakat atas ketidaknyamanan ini” tegas Iman, Sabtu (31/12/2022).

Sebagai penutup keterangannya, Iman Irianto mengatakan bahwa dirinya  mewakili Dishub kab Bandung mengucapkan terima kasih atas laporan atau informasi yang disampaikan oleh masyarakat terkait kasus dugaan pungli ini melalui media sosial sehingga Dishub Kab. Banudng dapat merespon dengan cepat masalah ini. (NU)

 

BERITA TERBARU