Search
Close this search box.

Olahraga Tradisional Patut Dilestarikan

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan ingin olahraga tradisional terus lestari

KBB, NyaringIndonesia.com – Guna mengangtisipasi dampak negatif pada pertumbuhan dan mental di kalangan anak, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menyelenggarakan festival olahraga tradisional yang diadakan di lapangan sepak bola Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, pada Selasa  pagi (27/06/2023).

Bupati Bandung Barat Kang Hengky Kurniawan menjelaskan bahwa olahraga atau permainan tradisional permainan rakyat yang sudah menjadi bagian dari budaya, selain baik juga patut untuk dilestarikan.

“Olahraga tradisional sangat bermanfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Karena selain mengandalkan kemampuan fisik, juga sangat menyenangkan. Sehingga mempengaruhi tingkat kebahagiaan dan berpengaruh besar terhadap metabolisme tubuh dibandingkan bermain gawai seharian. lama,” katanya.

Kang Hengky mengatakan pemerintah daerah selalu menyelenggarakan event olah raga tradisional yang saat ini berada dibawah naungan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Img 20230627 Wa0111
Pada Kesempatannya, Kang Hengky Mencoba Olahraga Tradisional Sumpit

Lebih lanjut, Ia meminta kepada para atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Rakyat (Pornas)  tradisional, untuk selalu semangat dan menampilkan performa terbaiknya.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada para atlet yang  bertanding di Pornas. Karena semua atlet  Bandung Barat adalah pasukan dari Provinsi Jawa Barat. Kami memberikan yang terbaik untuk Kab. Bandung Barat dan Jawa Barat,” ujarnya.

Dalam festival olahraga tradisional ini, Kang Hengky berkesempatan memainkan permainan kompetitif tradisional  seperti Sumpit dan Engrang yang membawa kembali pada masa kecil di kampung halamannya.

“Festival ini juga membawa kembali kenangan masa  kecil saya di kampung halaman,” jelasnya. (Indra)

Berita Utama