Pameran Alutsista Armed Banyak Diminati Warga dan Pelajar

Armed

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Dalam rangka HUT Artileri Medan (Armed) Ke-77, Pussenarmed menunjukan sejumlah peralatan tempur canggihnya kepada masyarakat di Pusdikarmed, Jalan Baros, Kota Cimahi. Kamis (08/12/2022).

Pameran yang sengaja dibuka untuk umum ini, spontan mendapat sorotan sekaligus antusias warga dan para pelajar Kota Cimahi khususnya.

Tak hanya menjadi ajang edukasi kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar, sistem alutsista yang dimiliki Korps Armed TNI AD, juga dimaksudkan untuk semakin mendekatkan TNI AD dengan masyarakat luas.

“Pameran alutsista ini untuk warga Cimahi dan warga Jabar, agar lebih mengenal alutsista dan lebih mendekatkan masyarakat dengan TNI,” kata Komandan Pussenarmed Mayjen TNI Yudhi Chandra Jaya kepada wartawan.

BACA JUGA:  Dinsos Kota Cimahi Bina Anak Jalanan

Banyak masyarakat memanfaatkan pameran tersebut untuk berswa foto. Bahkan tampak pelajar SD, SMP bahkan para orang tuanya meminta foto bersama dengan petugas yang berjaga.

“Tak hanya melihat, masyarakat juga bisa berfoto dan menaiki kendaraan alutsista yang ditampilkan dengan didampingi personil TNI AD,” tuturnya.

Yudhi menyebut pada pemeran tersebut ditampilkan sejumlah kendaraan tempur dan juga Meriam 155 mm Caesar dengan daya jangkau tembakan sejauh 39 KM.

“Ada juga peluncur roket MLRS Astros II MK 6. Kedua senjata itu dioperasikan secara digital dengan jarak jangkauan mencapai 100 km bahkan jika diluncurkan bisa menjangkau 300 km,” terangnya.

Jika dulu saat tugas operasi hanya pakai meriam 76 manual dengan jarak capai hanya 8 km, maka sekarang teknologi persenjataan semakin canggih dan Armed tidak kalah dengan negara lain.

BACA JUGA:  Direktur Korlantas Polri Sosialisasi ETLE di Kepulauan Riau

Dikatakan Yudhi, dalam satu atau dua tahun ke depan, Korps Armed TNI AD juga akan menerima senjata baru yaitu Indonesian Tactical Ballistic Missile (ITBM) dengan jarak jangkau bisa mencapai 280 km.

“Hal itu menunjukkan jika Pussen Armed terus mengikuti perkembangan teknologi alutsista secara global,” sebutnya.

Selain itu, pameran ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap konsep Wisata Cimahi Military Heritage Tourism (Cimitage) yang diusung Pemkot Cimahi.

“Ini juga tentunya untuk mendukung wisata militer yang digaungkan Pemkot Cimahi bekerja sama dengan TNI AD, khususnya soal alutsista yang dimiliki Armed TNI AD,” ujarnya.

Sementara, Asep G salah seorang warga yang datang melihat pameran mengaku pameran ini sesuatu yang berbeda. TNI AD sekarang semakin dekat dengan masyarakat, pameran terbuka ini buktinya.

BACA JUGA:  Brigadir Jendral TNI Tembaki Kucing Kerana Kesal

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, selain masyarakat jadi mengetahui kekuatan TNI AD, kami juga makin terasa dekat tidak canggung datang ke Mako TNI AD seperti di Pusdikarmed ini,” ungkapnya.

BERITA TERBARU