Search
Close this search box.

Panglima TNI Pastikan Uang Lauk Pauk Prajurit di Seluruh Indonesia Telah Naik

Panglima TNI
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto saat diwawancarai di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

JAKARTA, Nyaringindonesia.com – Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, memastikan bahwa uang lauk pauk (ULP) prajurit di semua daerah operasi di Indonesia telah mengalami kenaikan.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Agus saat diwawancarai di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Rabu (24/1/2024).

Agus menyatakan bahwa peningkatan ULP prajurit TNI telah berlaku di seluruh wilayah, termasuk di Papua dan perbatasan. Hal ini mencakup matra darat, laut, dan udara, dan implementasinya sudah berlaku sejak 1 Januari 2024.

Panglima TNI juga menjelaskan bahwa ULP prajurit TNI kini setara dengan personel Polri per 1 Januari 2024. Proses distribusi peningkatan ULP ini telah dilaksanakan pada awal tahun ini.

Sebelumnya, Agus Subiyanto mengusulkan peningkatan ULP prajurit TNI agar sejajar dengan personel Polri. Ia bahkan mengadakan rapat dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas permintaan tersebut.

Agus menekankan bahwa usulannya tersebut adalah bagian dari implementasi visi dan misinya sebagai Panglima TNI, yang dikenal dengan konsep “well paid”.

“Saya menyampaikan bahwa uang lauk pauk prajurit itu masih di bawah, Rp 88.000,” ujar Agus Subiyanto setelah serah terima jabatan Kepala Staf TNI AD (KSAD) di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta Pusat, pada 1 Desember 2023.

Agus menyoroti perbedaan signifikan antara nominal ULP prajurit TNI yang lebih rendah dibandingkan dengan ULP personel Polri yang berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Presiden Joko Widodo memberikan persetujuan terhadap usulan tersebut, dan Agus optimistis bahwa peningkatan ULP prajurit TNI dapat terealisasi sebelum tahun 2024.

Peningkatan ULP diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dan sejalan dengan komitmen untuk menjadikan mereka “well paid”.

Berita Utama