Para Pemilih Pemula tidak Tahu Cara Memilih dan Jumlah Surat Suara, Tidak ada Sosialisasi KPU

LEMBANG, NyaringIndonesia.com – Sisa sembilan hari, banyak pemilih pemula yang merasa bingung terkait tata cara memilih. Bahkan, tidak sedikit yang tidak mengetahui jumlah surat suara serta warna surat suara pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari ini.

Salah satu siswa kelas XII SMA 1 Lembang, Adrin Alhani Margota Putri mengakui, sebagai pemilih pemula yang baru pertama ikut dalam pesta demokrasi tidak memahami mekanisme pencoblosan.

“Bingung buat milihnya karena belum pernah dan ini pertama kali memilih,” ucap Adrin di sekitar SMAN 1 Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin, (5/2).

Kendati demikian, dia mengakui, dirinya sudah memiliki gambaran untuk calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-cawapres).

“Gambaran yang akan dipilih sudah ada karena sangat familiar,” sebutnya.

Diakui Adrin, dirinya sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Tapi kalau bentuk fisiknya belum ada,” ungkapnya.

Disinggung soal peserta pemilu, dia menyatakan, dirinya hanya tahu pada Pemilu 14 Februari ini hanya pemilihan Caprescawapres saja.

“Tahunya hanya milih presiden saja, gak tahu kalau ada lima surat suara baru tahu sekarang malah,” akunya.

Ditempat yang sama, siswa kelas XII SMAN 1 Lembang, Lina Gusmiar, dirinya mengakui tahun ini baru pertama pemilih pemula.

“Tapi KTP KTP elektronik┬ábelum punya meskipun perekaman mah sudah,” katanya.

Sama seperti siswa lainnya, dia menyatakan, dirinya tidak tahu mekanisme pemilihan bahkan, yang diketahui 14 Februari 2024 ini hanya memilih presiden.

“Tahunya milih presiden aja, jadi emang baru tahu kalau pemilihan nanti ada lima surat suara,” ujarnya.

Berita Utama

Scroll to Top