Pemanis yang Aman Bagi Penderita Diabetes

madu
Madu sebagai pengganti gula aman bagi penderita Diabetes

NyaringIndonesia.com – Bagi penyuka manis berbahan gula, terutama penderita diabetes harus ekstra hati-hati. dr Zaidul Akbar menyarankan agar bahan pemanisnya memakai yang alami.

Ia menyebut, bahan pemanis yang tadinya berbahan gula sekarang mending diganti dengan madu misalnya.

Menurutnya, madu adalah salah satu bahan pemanis alami yang sangat baik untuk di konsumsi secara rutin.

Gula mempunyai kandungan indeks glikemik yang sangat tinggi dan bisa membuat kadar gula darah melonjak drastis.

“Kalau pemanis saya sarankan ya madu, madu merupakan pemanis terbaik,” kata dr Zaidul Akbar.

Selain itu ada pula beberapa pemanis alami lainnya selain madu yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

“Kalau enggak yaitu pakai gula aren, gula kelapa, gula jawa, gula nira, gula singkong itu juga baik untuk sebagai pemanis,” kata dr Zaidul Akbar seperti dikutip dari laman seperti dikutip melalui kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official.

BACA JUGA:  Gunakan Kipas Angin Saat Tidur Dapat Menimbulkan Masalah Bagi Kesehatan 

Menurut dr Zaidul Akbar, tidak perlu mencampurkan gula saat sedang minum sesuatu, contohnya kopi atau teh hijau, dan biarkan minuman tersebut disajikan dengan tawar.

“Tidak perlu mencampur-campurkan. Minum kopi sebenarnya bagus, yang mana dapat membakar lemak, tetapi kalau kopinya dicampurkan gula, maka tidak baik bagi kesehatan kita,” ujarnya.

Jika penderita diabetes ingin mendapatkan konsumsi pemanis atau gula, maka bisa didapatkan dari minum madu, makan kurma dan makan buah-buahan. Selain manis, tetapi juga mendapatkan zat gizi yang berguna bagi tubuh.

Ia menghimbau, terutama penderi diabetes agar menjauhi pemanis buatan, karena hal itu akan membuat kadar gula darah melonjak drastis.

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur