Search
Close this search box.

Pemasangan Sambungan Air Bersih Baru di Kota Cimahi Dibiayai Rp 6,4 Miliar

Air Bersih
Air Bersih

Nyaringindonesia.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 6,4 miliar untuk pemasangan sambungan air bersih baru di dua kecamatan di wilayah Kota Cimahi.

Kepala DPKP Kota Cimahi, Endang meyebutkan proyek ini akan difokuskan pada 1.500 rumah warga di wilayah Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, dan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan.

Endang berharap dapat segera direalisasikan pada 2023. Ia mengungkapkan proyek ini telah memasuki tahap lelang. Sambungan air akan dipasang di wilayah Cigugur Tengah (RW 09 dan 18) serta di Cibeureum (RW 15, 16, 26, dan 27).

Anggaran sekitar Rp 6,4 miliar untuk proyek pemasangan air bersih ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi tahun 2023.

Endang menegaskan bahwa pelayanan air bersih untuk sambungan baru akan didistribusikan dari Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang dikelola oleh Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD). Kapasitas produksi SPAM akan meningkat tahun ini dari 50 liter per detik menjadi 80 liter per detik.

Meskipun ada penurunan debit air akibat musim kemarau berkepanjangan. Debit total saat ini sekitar 120 liter per detik, sedangkan yang digunakan untuk air baku hanya sekitar 50 liter per detik.

Berita Utama