Pemerintah Kroasia Akan Lakukan Apapun untuk Melindungi Warganya

NyaringIndonesia.comPemerintah Kroasia pada Senin (22/8/2022) berjanji akan melakukan hal apapun untuk melindungi warganya. Hal ini menanggapi keputusan Serbia yang mengajukan dakwaan kepada empat pensiunan pilot Kroasia, yang diduga membom pengungsi etnis Serbia. 

Ketegangan antara Kroasia dan Serbia terus bergejolak dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan lalu, Kroasia melarang Presiden Serbia Aleksandar Vucic memasuki teritorinya, untuk berkunjung ke monumen Perang Dunia II di Jasenovac.

1. Kroasia ingatkan agar Serbia bercermin jika ingin masuk Uni Eropa

Keterangan di atas diungkapkan oleh Menteri Administrasi Publik dan Hukum, Ivan Malenica, pada Senin. Ia menyebut bahwa semua tindakan hukum akan dilancarkan untuk memproses dakwaan politik kepada pilotnya, termasuk memblokir aksesi Serbia dalam Uni Eropa.

BACA JUGA:  Viral, Warga Enggan Mengantar Jenazah

“Pemerintah Kroasia dengan jelas menyatakan akan melindungi seluruh warga negaranya, penegak hukum, jenderal, dan dalam kasus ini pilotnya. Maka dari itu, kami akan menggunakan seluruh cara hukum apabila tindakan ini memang dilakukan,” tutur Malenica.

“Dalam kasus ini, yang dimaksud adalah empat pilot asal Kroasia tersebut. Kroasia tidak akan membiarkan pihak internasional memberikan perintah penangkapan kepada mereka,” tambahnya.

Dilaporkan Euractiv, juru bicara Parlemen Kroasia, Gordan Jandrokovic, mengatakan negaranya menolak semua tudingan yang dilandasi motif politik tersebut. Ia juga mengingatkan Serbia agar bercermin dan mengingat masa depannya.

“Kroasia akan menggunakan negosiasi UE untuk memberikan pesan kepada Serbia bahwa tindakan ini tidak bisa ditoleransi. Apabila mereka ingin progres ke arah Uni Eropa, mereka harus bersikap seperti halnya warga Eropa,” ungkapnya. (IDN)

BACA JUGA:  Dua Musisi Inggris Kehilangan Ratu Elizabeth II

BERITA TERBARU

dikdik

MPP Telah Resmi Dibuka

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Mal Pelayanan Publik (MPP) kota Cimahi, sudah di resmikan oleh Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur