Pemkot Cimahi Apresiasi 17 Siswa-siswi Peserta FTBI

FTBI
Pejabat Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono saat memberikan penghargaan kepada salah satu siswi peserta lomba.

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Sebanyak 17 siswa-siswi berprestasi yang mengikuti kejuaraan Festival Tunas Bahasa Ibu  (FTBI) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 di Pangandaran, mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Cimahi. Senin (05/12/2022).

Kategori kejuaraan yang diikuti para siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Cimahi pada 30 November hingga 01 Desember 2022 itu diantaranya, Pentas Agama Islam (PAI) Kaligrafi SD dan SMP tingkat provinsi, MTQ dan Pidato Agama Islam SMP tingkat provinsi, Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD tingkat Nasional, Galasiswa Indonesia (GSI) SMP tingkat Nasional, serta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yakni Menyanyi Tunggal SD tingkat Nasional dan Vocal Solo SMP tingkat provinsi.

BACA JUGA:  Pesan Mantan Walkot Cimahi Kepada Pj Wali Kota, Ngatiyana: Jaga Cimahi Baik-baik

Pejabat Wali Kota Cimahi, Dikdik S. Nurgahawan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono usai melaksanakan apel, langsung menyerahkan penghargaan kepada 17 siswa-siswi yang mewakili Kota Cimahi di ajang kejuaraan tersebut.

Usai penyerahan penghargaan, Dikdik menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung upaya memelihara bahasa Sunda sebagai bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya masuknya pengaruh bahasa asing ke dalam wilayah penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah berdampak pada penggunaan tata bahasa itu sendiri.

“Masyarakat mencampuradukan kosa kata bahasa asing ke dalam struktur dan tata bahasa Indonesia serta bahasa daerah sampai kosa kata bahasa indonesia yang diplesetkan menjadi bahasa gaul atau yang sering kita kenal dengan bahasa “alay”,” keluh Dikdik.

BACA JUGA:  Manfaat Membaca Nyaring Untuk Anak

Munculnya pergeseran penggunaan bahasa menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia. Menanamkan rasa cinta pada bahasa Indonesia dan bahasa daerah menjadi hal penting yang harus segera dilakukan.

“Kenyataan ini mendorong kita agar lebih mengedepankan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah daripada bahasa asing,” tandas Dikdik.

Namun semua itu, katanya, diperlukan upaya yang kuat untuk menata dan membangun kembali karakter bangsa dalam berbahasa Indonesia.

Menurutnya, masalah ini merupakan tugas bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu, Dikdik menghimbau seluruh tenaga pendidik di Kota Cimahi untuk mendorong dan memajukan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah

“Marilah kita bersama-sama berpartisipasi dalam mendidik masyarakat untuk mencintai bahasa Indonesia dan bahasa daerah karena yang membuat bahasa Indonesia dan bahasa daerah lebih memiliki tempat adalah penggunanya itu sendiri,” pungkas Dikdik.

BACA JUGA:  7 Calon Rektor UNAI Mengundurkan Diri, Apa Sebab?

Untuk diketahui, cabang lomba dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 adalah Borangan Putra, Nembang Pupuh Putra dan Nembang Pupuh Putri tingkat SD, Borangan Putra Nulis Carpon Putri, Nembang Pupuh Putra, Biantara Putra, Ngadongeng Putra, dan Maca & Nulis Aksara Sunda Putra tingkat SMP. Berikut daftar Siswa-siswi berprestasi tingkat SD dan SMP. (Bidang IKPS/Dy)

BERITA TERBARU