Search
Close this search box.

Penambahan Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Upaya Peningkatan Keterwakilan Perempuan dalam Politik

DPRD
Endang Suwarni ketiga dari kiri dan Rita Sari Puspita

BANDUNG, Nyaringindonesia.com – Gedung DPRD Jawa Barat menjadi saksi pergantian antarwaktu (PAW) dua anggota Fraksi Gerindra, yang berhasil meningkatkan keterwakilan perempuan dalam ranah politik di tingkat provinsi.

Pergantian tersebut dilakukan pada Rabu (10/1/2024), di mana dua perempuan tangguh menggantikan posisi dua anggota dewan sebelumnya.

Endang Suwarni, sekarang menjabat sebagai anggota DPRD Jabar dari Dapil Kabupaten Bandung, menggantikan Dadang Kurniawan.

Sementara itu, Rita Sari Puspita, mewakili Dapil Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, mengambil alih posisi Ali Rasyid. Kedua perempuan ini resmi dilantik di Gedung DPRD Jabar.

Prasetyawati, anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar dan Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Jawa Barat, menyatakan bahwa pelantikan keduanya memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterwakilan perempuan di DPRD Jabar, terutama di Fraksi Gerindra Persatuan.

“Munculnya kedua anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra menunjukkan kemajuan bahwa pembinaan kader dengan sasaran keterwakilan perempuan untuk berpartisipasi dalam dunia politik dapat terealisasi,” ungkap Prasetyawati,

yang juga merinci bahwa kedua anggota DPRD Jabar yang baru dilantik telah aktif dalam PIRA Jabar.

Menurut Prasetyawati, langkah ini memberikan bukti konkret bahwa Partai Gerindra serius dalam memberikan ruang bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan politik.

Ia menambahkan bahwa penambahan anggota legislatif perempuan sesuai dengan amanat UU yang menetapkan kewajiban keterwakilan perempuan di parlemen sebesar 30 persen.

Dengan langkah-langkah ini, Partai Gerindra menunjukkan komitmennya untuk memperkuat keterwakilan perempuan dalam dunia politik, menjadikan peristiwa ini sebagai bukti nyata dari perubahan positif menuju keadilan gender di tingkat legislatif Jawa Barat.

Berita Utama