Penanaman Pohon Baros, Kompensasi Pembangunan GFA

Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan melakukan Penanaman pohon konpensasi pembangunan Gereja di Baros

CIMAHI, NyaringIndonesia.com – Pj Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan melakukan penanaman Pohon Baros (Manglid Baros) di jalan HMS Mintareja Baros, pada Jumat (06/01/2023).

Penanaman 25 Pohon Baros ini merupakan pengganti pohon yang terpaksa harus di tebang karena adanya pembangunan Gereja Betania Fresh Anointing (GFA).

Dikdik mengatakan, meski setiap aktivitas pembangunan memiliki dampak, namun warga Kota Cimahi bisa menyeimbangkannya dengan mengembalikan ke kondisi semula. Seperti penanaman pohon ini, bisa meminimalisir dampak terhadap alam.

“Dampak dari pembangunan gereja ini, kita akan melaksanakan penanaman sebanyak 25 pohon Baros yang ditanam diruang terbuka hijau,” sebutnya.

Didik juga beralasan kenapa pohon Baros dipilih sebagai pengganti pohon yang ditebang, karena pohon tersebut spesifik dengan nama wilayahnya.

BACA JUGA:  Rotasi dan Mutasi Sejumlah Kapolres di Lingkungan Polda Jabar

“Mudah-mudahan, tanaman tersebut bisa tambah menguatkan sejarah Baros,” harapnya.

Disinggung penebangan pohon di Alun-alun Kota Cimahi, ia menegaskan semua harus kembali kepada aturan. Bahwa setiap pembangunan yang memerlukan pembebasan lahan atau penebangan pohon, harus di ganti dengan pohon yang baru.

Lebih lanjut Dikdik mengimbau seluruh masyarakat kota Cimahi saat menjelang tahun politik pada 2024 mendatang, dilarang untuk memasang baliho, spanduk dan lainnya, di pohon yang ada di pinggir jalan karena bisa merusak kesehatan pohon tersebut.

Sementara panitia pembangunan gereja Novian Suryo Utomo, menyebutkan lahan yang akan di bangun untuk geraja, puskesmas, dan pos polisi, seluas 12.000/m3

Pihaknya mengaku sudah mendapat kesepakan dengan warga Kelurahan Baros. Sebagai konpensasinya, warga minta dibangunkan Puskesmas untuk pengobatan warga setempat.

BACA JUGA:  Ponpes Sepuh/Lansia Masih Tahap Pembangunan, H. Budi: Dana Pembangunan Dari Donatur, Belum Pernah Ada Dari Pemerintah

“Sehubungan di kelurahan Baros  belum ada puskesmas, warga di sini minta di bangunkan puskesmas, untuk kepentingan masyarakat kelurahan Baros dalam pengobatan,”sebut Novian.

Tak hanya itu, lanjutnya, dalam proses pembangunan pihaknya juga melibatkan warga setempat. Selain itu, pihaknya juga akan menyerahkan pengelolaan parkir kepada warga dengan cara bergantian.

“Harapan saya semua masyarakat bisa bersinergi,” tutupnya.

Aksi penanaman pohon juga dihadiri (Sekda) Kota Cimahi, Drs. Herry Zainy, M.M.,Camat Cimahi Tengah, Lurah Baros, Danramil 0908/ Cimahi Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kota Cimahi. (Anas).

BERITA TERBARU