Pengembangan Teknologi Bisa Jadi Peluang atau Ancaman

DAMPAK DARI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI ANCAMAN ATAU PELUANG?
DAMPAK DARI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI ANCAMAN ATAU PELUANG?

NyaringIndonesia.com – Setiap pengembangan teknologi akan menciptakan dual hal, dan itu berupa peluang atau malah jadi ancaman.

Beberapa dampak keduanya itu seperti,

Peluang

Mempermudah seseorang dalam berbagai aktivitas hidupnya (belanja online dll);

Mudah dalam berkomunikasi (dari jaman pos, hp, hingga smartphone dan zoom/gmeet);

Bekerja secara efisien (banyaknya kebijakan WFH dimana kerja bisa dari rumah selama pekerjaan selesai);

Akses informasi mudah didapat (mencari info apapun lewat mbah gugelataupun medsos);

Ancaman

Tergantung pada teknologi (saat teknologi bermasalah atau rusak, segala urusan akan terhambat dan menjadi sebuah bencana);

Tenaga kerja semakin berkurang (banyaknya tenaga kerja akan digantikan oleh teknologi atau robot);

Kesenjangan sosial (teknologi saat ini dimiliki orang yang punya akses atau paham, bayangkan orang yang tidak punya akses atau gaptek);

Dampak negatif ke lingkungan (limbah sekedar kemasan dan bubble wrap yang meningkat karena transaksi belanja online meningkat pesat);

Intinya adalah pelajari teknologi dari sisi manfaat dan akibatnya sehingga kita bisa ambil yang terbaik.

Pengembangan teknologi selalu membawa perubahan, baik sebagai ancaman maupun peluang. Beberapa dampak utamanya adalah:

Ancaman Keamanan : Teknologi baru sering membuka celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak jahat untuk melakukan serangan cyber. Hal ini mencakup peretasan data, malware, dan serangan lainnya.

Kehilangan Pekerjaan vs. Kreasi Pekerjaan Baru : Beberapa pekerjaan bisa terancam oleh otomatisasi dan perkembangan teknologi, sementara teknologi baru juga menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang-bidang seperti kecerdasan buatan, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi baru lainnya.

Perubahan Sosial : Teknologi memengaruhi cara kita berinteraksi, bekerja, dan belajar. Ini bisa menjadi ancaman jika kita kehilangan keterhubungan sosial secara langsung, namun juga menjadi peluang dalam menghadirkan cara baru untuk terhubung, belajar, dan berbagi informasi.

Keseimbangan Ekonomi Global : Pengembangan teknologi dapat mempengaruhi keseimbangan ekonomi global dengan memperkuat atau merubah peran negara-negara tertentu dalam perekonomian global.

Inovasi dan Kemajuan : Kemajuan teknologi memberikan peluang besar untuk inovasi di berbagai bidang, memungkinkan solusi baru untuk masalah-masalah kompleks dan meningkatkan kualitas hidup manusia secara keseluruhan.

Memahami dampak ini memungkinkan kita untuk lebih memanfaatkan peluang yang ada dan secara proaktif mengatasi ancaman yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi.

Itu dia peluang dan ancaman teknologi. Bagaimanapun juga kita harus berusaha menjaga supaya ancaman yang terjadi tidak separah yang diharapkan.

Berita Utama

Scroll to Top