Perbaikan Ruas Jalan Daerah di Jawa Barat Dimulai oleh Kementerian PUPR

PUPR
ilustrasi jalan nasional
Nyaringindonesia.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai program perbaikan ruas-ruas jalan daerah di seluruh Indonesia, dengan fokus pada Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Pada 17 Agustus 2023, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan langsung terhadap salah satu proyek perbaikan jalan di Jabar.

Menurut informasi yang diunggah oleh akun Instagram resmi Badan Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Menteri Basuki menyebutkan bahwa ada 15 ruas jalan daerah di Jawa Barat yang akan menjalani perbaikan pada tahun 2023. Anggaran yang dialokasikan untuk program ini mencapai Rp 390 miliar.

“Salah satunya ada di sini, antara Jalan Sukawangi sampai Citereup, ada sekitar 11 km yang saat ini telah dimulai,” ungkapnya.

Sementara itu, perbaikan ruas jalan daerah lainnya di Jawa Barat akan dilanjutkan pada tahun 2024.

Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 15 triliun untuk program perbaikan jalan daerah di seluruh Indonesia pada tahun 2024, yang merupakan tahap kedua dari program ini.

“Jadi nanti akan kita lanjutkan ke ruas-ruas di Jawa Barat yang lainnya,” tambah Menteri Basuki.

Sebagai informasi tambahan, program Inpres Jalan Daerah tahun 2023 (tahap 1) yang diterapkan di seluruh Indonesia mencakup perbaikan jalan sepanjang 2.800 km dan pembangunan jembatan sepanjang 2.300 meter. Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 14,6 triliun.

Alokan anggaran tersebut terdistribusi ke berbagai pulau di Indonesia, dengan rincian alokasi anggaran untuk Pulau Sumatera sebesar Rp 5,295 triliun, Pulau Jawa sebesar Rp 3,216 triliun, Pulau Sulawesi sebesar Rp 1,941 triliun, Pulau Kalimantan sebesar Rp 1,745 triliun, Pulau Bali Nusra sebesar Rp 1,214 triliun, Pulau Papua sebesar Rp 857,8 miliar, serta Pulau Maluku sebesar Rp 377,5 miliar.

Program ini diharapkan dapat memperbaiki infrastruktur jalan daerah di seluruh Indonesia dan meningkatkan konektivitas antarwilayah serta mendukung pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal.

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama