Perbandingan USB-C dan Lightning: Mana yang Lebih Unggul dalam Pengisian Daya dan Transfer Data?

USB-C dan Lightning
lightning connector cable vs usb type c

Nyaringindonesia.com – Kabel pengisi daya USB-C dan Lightning adalah dua jenis kabel yang umum digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik, terutama smartphone. Berikut perbandingan antara keduanya:

1. Kecepatan Transfer Data:
– USB-C: USB-C memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi, mencapai hingga 40 gigabit per detik.
– Lightning: Kabel Lightning jauh lebih lambat, hanya sekitar 480 megabit per detik, sebanding dengan USB 2.0.

2. Kompatibilitas:
– USB-C: USB-C adalah standar yang lebih umum dan kompatibel dengan berbagai perangkat, termasuk perangkat non-Apple.
– Lightning: Kabel Lightning hanya berfungsi dengan perangkat Apple, meskipun Apple mulai beralih ke USB-C di beberapa produk.

3. Pengiriman Daya:
– USB-C: USB-C dapat mengisi daya perangkat lebih cepat karena dapat mengirimkan daya dengan cepat pada voltase yang sama. Ini membuat pengisian daya lebih efisien.
– Lightning: Kabel Lightning biasanya memiliki batasan arus maksimum sekitar 2,4 ampere, sedangkan USB-C dapat mencapai hingga 3 ampere atau bahkan 5 ampere dengan kemampuan cepat.

4. Daya Tahan Kabel:
– USB-C: Daya tahan kabel USB-C tergantung pada kualitasnya. Kabel yang berkualitas baik dapat tahan lama.
– Lightning: Beberapa pengguna melaporkan bahwa kabel Lightning lebih rentan terhadap kerusakan fisik, tetapi memiliki konektor yang pas dan tidak mudah lepas.

Secara keseluruhan, USB-C lebih unggul dalam hal kompatibilitas yang lebih luas, kecepatan transfer data yang lebih cepat, dan pengiriman daya untuk pengisian cepat yang lebih baik. Namun, pemilihan kabel juga tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan perangkat Apple, Anda mungkin masih memerlukan kabel Lightning. Namun, USB-C adalah standar yang semakin umum digunakan di berbagai perangkat elektronik.

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama