Persiapan Mahfud MD Menjelang Debat Cawapres Kedua

Mahfud MD
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD.

Nyaringindonesia.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, telah mengungkapkan persiapannya menjelang debat Cawapres kedua yang dijadwalkan pada Minggu, 21 Januari 2024.

Tema debat kali ini mencakup energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Mahfud MD menyatakan bahwa persiapannya untuk debat melibatkan diskusi di kampus, di mana ia berbincang dengan sivitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Selain itu, Mahfud juga memilih untuk blusukan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat sebagai bagian dari persiapannya. Ia menegaskan bahwa pendekatannya tidak melibatkan persiapan khusus.

“Saya tak melakukan persiapan khusus. Nanti kalau saya siap ini, ditanyakan lain. Jadi kayak gini saja,” kata Mahfud MD.

Mahfud juga menjelaskan bahwa ia telah berdiskusi dengan pemerhati lingkungan, termasuk masyarakat adat di berbagai daerah.

Pendekatannya yang inklusif ini diharapkan dapat membantu dalam memberikan jawaban yang komprehensif selama debat.

Ali Armunanto, seorang pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), memberikan penilaian positif terhadap debat Cawapres sebelumnya.

Ia menilai bahwa ketiga Cawapres, termasuk Mahfud MD, telah menunjukkan kapasitasnya dalam menjawab setiap pertanyaan dengan baik.

“Semalam, Pak Mahfud dengan kapasitasnya sebagai menteri dan profesor hukum, Gibran dengan pengetahuan ciri khas milenial, dan Cak Imin dengan pengetahuannya sebagai mantan menteri yang kritis, itu semua kelihatan,” ujar Ali Armunanto.

Debat Cawapres dianggap berhasil menyoroti kapasitas dan pengetahuan dari masing-masing calon, dan diharapkan debat kedua akan memberikan wawasan lebih lanjut mengenai pandangan mereka terkait tema yang akan dibahas.

Berita Utama

Scroll to Top