Presiden Jokowi Menepis Isu Pencekikan Wamentan

Jokowi
Presiden RI Joko Widodo (humas kepresidenan)
JAKARTA, NyaringIndonesia.com – Presiden Joko Widodo dengan tegas membantah adanya peristiwa pencekikan yang dilakukan oleh seorang menteri terhadap Wakil Menteri Pertanian atau Wamentan dalam sebuah rapat terbatas di Istana Presiden beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataannya, Presiden menegaskan bahwa dia tidak mengetahui adanya insiden semacam itu.

“Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu. Masa nyekik,” ujar Presiden sambil tertawa ketika diminta konfirmasi mengenai laporan pencekikan terhadap Wamentan. Pernyataan tersebut disampaikan Presiden dalam kunjungannya saat meninjau Pasar Bali Mester Jatinegara, Jakarta, pada Selasa (19/9/2023).

Sebelumnya, beredar beberapa video yang mengklaim seorang menteri dalam Kabinet Indonesia Maju, yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon presiden, menampar dan mencekik Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Video tersebut dirilis pada Minggu (17/9/2023) dan mengklaim bahwa insiden tersebut terjadi sebelum rapat terbatas di Istana Presiden.

Informasi mengenai kejadian ini telah menjadi perbincangan dalam grup WhatsApp selama lebih dari 10 hari, meskipun pihak Kementan telah membantah kejadian tersebut.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa dalam tahun politik, seringkali beredar berita palsu atau provokatif, dan ia meminta masyarakat untuk selalu melakukan pengecekan kebenaran informasi yang mereka terima.

“Memang tahun politik itu banyak berita-berita seperti itu. Tolong dikroscek, di kroscek kebenarannya jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita,” ungkapnya.

Selama kunjungannya pada Selasa, Presiden Jokowi juga memeriksa stok dan harga bahan pokok di Pasar Bali Mester Jatinegara, Jakarta.

Ia mencatat bahwa harga-harga sebagian besar bahan pokok relatif stabil, kecuali harga beras. Pemerintah terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga beras dengan melakukan operasi pasar dan peningkatan stok beras.

Editor : NI 1

# # # #

Berita Utama