Presiden Jokowi Menggunakan Mobil Audi A8 L Security di KTT G20 India

Presiden
Presiden Jokowi menghadiri KTT G20 India. Foto Laily Rachev Biro Pers Sekretariat Presiden
Nyaringindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India, yang berlangsung di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, pada 8-10 September 2023. Dalam konteks konferensi tersebut, Presiden Jokowi menggunakan kendaraan operasional buatan Audi yang dilengkapi dengan tingkat keamanan tinggi.

Pemerintahan India, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, telah menyediakan beberapa model mobil antipeluru untuk KTT G20, salah satunya adalah Audi A8 L Security. Presiden Jokowi langsung menggunakan mobil ini sejak kedatangan di India untuk digunakan sebagai kendaraan operasional selama KTT.

Audi A8 L Security memiliki spesifikasi tinggi dengan tingkat keamanan yang sangat baik. Mobil ini diklaim mampu menahan tembakan proyektil senapan AK-47 dan tahan terhadap serangan granat serta ranjau darat. Selain itu, mobil ini memiliki sertifikasi perlindungan balistik tingkat VR9.

Mobil Audi A8 L Security dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran yang mencakup nozel di berbagai bagian, seperti kompartemen mesin, tangki bahan bakar, bagian bawah bodi mobil, dan velg. Mobil ini juga memiliki sistem udara segar darurat untuk memastikan penumpang VIP dapat bernapas dalam situasi darurat.

Audi A8 L Security juga dilengkapi dengan sistem piroteknik yang memungkinkan pemisahan engsel pintu jika penumpang terjebak di dalam. Mobil ini menggunakan velg 20 inci dengan ban run flat tire, yang memungkinkan mobil tetap dapat digunakan hingga jarak 80 km pada kecepatan 80 km/jam meskipun ban mengalami kerusakan.

Kendaraan ini memiliki tangki bahan bakar yang dilapisi dengan material khusus yang dapat tersegel secara otomatis dalam situasi penembakan. Selain itu, ada juga perlindungan khusus untuk komponen baterai dan elektronik interkom.

Meskipun memiliki berat 3,9 hingga 4,2 ton, Audi A8 L Security tetap memiliki akselerasi yang impresif, dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 6,3 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 210 km/jam. Ini berkat mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang digunakannya.

Berita Utama